Bappeda Bentuk Forum Pemangku Kepentingan

0

 

 

M. Ramly Bantilan (deadline-news.com)- Buolsulteng-Bappeda Kabupaten Buol gelar Forum OPD yang merupakan forum pemangku kepentingan untuk membahas usulan program kegiatan prioritas hasil dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dengan rancangan Rencana Kerja (Renja) masing-masing OPD.

Dalam laporannya Kepala Bappeda Ir Ibrahim Raysid menyampaikan, Forum ini merupakan kegiatan pra Musrenbang Kabupaten yang akan dilaksanakan hari Kamis tanggal 24 Maret 2022.

Forum OPD ini adalah media kita untuk menyatukan Perencanaan dari bawah dari masyarakat atau biasa kita kenal Bottom Up dan perencanaan dari atas atau Top Down dan perencanaan politis yang diwakili oleh anggota DPRD semua ini yang kita ramu bersama.

Pada tahun 2023 adalah masa transisi karena RPJMD 2017 – 2022 itu akan berakhir bersamaan dengan masa jabatan Bupati dan Wakil bupati yaitu pada tanggal 14 Oktober 2022.

Sehingga pada penyusunan RKPD 2023 ini kita tidak lagi mengacu pada RPJMD tetapi mengacu pada Rencana Pembangunan Daerah 2023 – 2026 Sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 70 tahun 2021 yang terbit pada bulan Desember.

Forum OPD dibuka secara resmi oleh Drs Muhammad Sufrizal Yusuf MM selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Buol mewakili Bupati sekaligus membacakan sambutan Bupati, Selasa 22 Maret 2022 bertempat di Halaman Parkir Kantor Bappeda Jalan Batalipu kelurahan leok 2 Kecamatan Biau.

Dalam sambutannya Bupati Buol menyampaikan ” Forum Perangkat Daerah ini bertujuan untuk memaduserasikan usulan Perangkat Daerah, hasil usulan musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kecamatan, dan Pokok-Pokok Pikiran DPRD untuk menghasilkan Rancangan RKPD.”

Disamping itu Bupati berharap pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini menjadi Media Interaktif bagi segenap stakeholder untuk dapat memberi masukan dan saran dalam penyempurnaan dokumen Perencanaan Kegiatan Pembangunan Daerah ( RKPD).

Forum Perangkat Daerah ini merupakan bentuk komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan daerah dalam hal ini pencapaian pembangunan yang berkualitas,efektif,efisien, transparan dan akuntabel.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Buol, FORKOMPIDA, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dilingkungan Pemda Buol, Camat, Pejabat Eselon III serta pejabat yang menangani perencanaan.

Forum OPD dimaksudkan guna memaparkan program Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang didalamnya memuat Rancangan Kerangka Ekonomi Daerah, Prioritas Pembangunan Daerah, serta Issue Strategis. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: