Angka Kemiskinan di Sulteng Turun 1%

Foto Gubernur Sulteng H.Rusdy Mastura. Foto Humas Pemprov Sulteng/deadline-news.com
0

 

 

“Dipengaruhi Pemberian KUR ke Masyarakat”

Ilong (d’news.com)-Palusulteng-Angka kemiskinan di Sulawesi Tengah (Sulteng) mengalami penurunan sebesar 1 % (persen) dari total 12 persen.

Atau mencapai 23.200 Jiwa dalam kurun waktu Tahun 2021. Hal itu dikatakan Gubernur Sulteng Senin (28/3- 2022), di ruang kerjanya kepada sejumlah wartawan.

Menurut mantan walikota Palu dua periode itu, penurunan angka kemiskinan ini, sangat dipengaruhi pemberian  kredit usaha rakyat (KUR) oleh Bank kepada Masyarakat.

“Setelah saya dilantik menjadi Gubernur melakukan MOU dengan BRI untuk mengucurkan Kredit Usaha Rakyat dengan mudah, bunga rendah dan tampa agunan dibawah pinjaman Rp,100 jutaan,”jelas Lelaki yang akrab disapa Cudy itu.

Ia menambabkan sebesar Rp 5 triliun yang disiapkan perbankan untuk KUR bagi masyarakat yang bergerak pada UMKM.

Jumlah Rp, 5 triliun itu belum tersalurakan sepenuhnya.

“Melihat Kondisi tersebut saya meminta kepada Presiden RI Joko Widodo untuk memperpanjang Waktu Penyaluran KUR. Dan hal tersebut mendapat respon dari Presiden dan Menyetujuinya. Sehingga waktu pertemuan di Kalimantan Presiden RI menyampaikan bahwa usul Gubernur Sulawesi Tengah untuk terus memperpanjang penyaluran KUR sudah disetujui dan berlaku secara Nasional dan meminta kepada seluruh kepala daerah untuk mendorong masyarakat untuk memanfaatkan KUR dengan baik untuk menumbuhkankan UMKM dan Usaha Pertanian untuk tumbuh dan berkembang sesuai potensi daerahnya,”jelas Cudy sambil mengutip pernyataan Presiden Jokowi.

Gubernur berharap agar seluruh Kepala Daerah, Bupati/Walikota se Sulteng untuk mendorong masyarakat memanfaatkan KUR itu.

“Sehingga seluruh usaha Masyarakat bisa berjalan dan berkembang dengan baik,”tegas Gubernur Cudy.

Gubernur Cudy meminta Petani meningkatkan Produktifitas tanaman jagung, karena pasar jagung sangat baik dan Modal untuk menanam ada melalui KUR.

Pada kesempatan Itu Gubernur Sulawesi Tengah didampingi Tim Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Investasi Rony Tanusaputra. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: