Warga Pertanyakan Lambatnya Dana Stimulus Dicairkan Pemerintah

foto rapat koordinasi pemantapan pembangunan Huntap dan penyaluran dana stimulus bagi korban benca alam Pasigala di ruang rapat Bantaya Pemkot Palu. foto bang Doel/deadline-news.com
0

“Dana Stimulan Dalam Waktu Dekat Segera Dicairkan”

foto lokasi likuifaks Balaroa. foto dok deadline-news.com
foto dua orang anak dan Ibu berada di tenda pengungsian di kabupaten Sigi. foto dok Metro TV/deadline-news.com

Bang Doel (deadline-news.com)-Palusulteng-Sejumlah masyarakat korban gempa bumi, likuifaksi dan tsunami (bencana Alam) di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala (pasigala) mengeluhkan lambannya penyaluran dana stimulus dari pemeritah pusat ke pemerintah daerah.

Sebut saja namanya Ibu Ecce, warga kelurahan Lolu Utara Kecamatan Palu Timur, merasa serah dan sedih atas janji-janji pemerintah untuk membantu masyarakat korban bencana alam di Pasigala.

Pasalnya sampai saat ini Selasa (2/4-2019), dana stumulus untuk membantu perbaikan rumah warga Pasigala tak kunjung turun. Padahal wakil Presiden RI Jusuf Kalla dua bulan lalu menjanjikan segera pemerintah pusat mengucurkan dana stumulus itu, dengan nominal masing-masing rusak berat Rp,50 juta, rusak sedang Rp,25 juta dan rusak ringan Rp,10 juta.

“Saya so bolak balik ke kantor Gubernur Sulteng dan Walikota Palu, mempertanyakan dana bantuan (Stimulus) perbaikan rumah kami, tapi belum ada kejelasan,”ujar wanita penjual makanan jenis gado-gado di taman Gor palu itu.

Sementara itu Kepala pelaksana BPBD Sulteng Ir.Bartholomeus Tandigala,SH,CES yang dikonfirmasi deadline-news.com disela-sela rapat dengan Walikota Palu Drs.Hidayat, M.Si di ruang Bantaya Selasa (2/4-2019), menegaskan dalam waktu dekat ini,dana stimulus bagi korban bencana di Pasigala segera dicairkan dan disalurkan.

Hanya saja masih menunggu anggaran dari pusat. Tapi pusat telah menjanjikan segera dikucurkan dana stimulus untuk biaya perbaikan rumah-rumah korban bencana alam di Pasigala.

Ditanya kira-kira kapan, apakah sebelum pemilu ataukah setelah pemilu? Jawab Bartho belum tau juga persisnya, tapi tunggu-tunggu lah pokoknya dalam waktu dekat ini.

Walikota Palu Drs.Hidayat, M.Si dan Bupati Sigi Muh.Irwan Lapatta, S.Sos, M.Si sudah sangat gelisah dan resah akibat keterlambatan respons pemerintah pusat mengucurkan dana stimulus bagi korban bencana di Pasigala itu.

“Semua data-data baik itu data jumlah rumah rusak mulai dari rumah rusak berat, sedang dan ringan sudah kita berikan kepada pemerintah pusat. Data penerima santunan duka juga sudah kita berikan,” kata Hidayat saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah media internasional, Senin (1/4-2019), di Palu (dikutp di kantor berita antara).

Hal senada juga ditegaskan Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, Sos, M.Si.

“Dana stimulan dan santunan duka ini saya harap dipercepat pencairannya, karena mekanisme yang harus dilalui dan dipenuhi pemkab Sigi sudah kami lalui semua, mulai data penerima bantuan tiap desa, kecamatan hingga tim dari pemda sudah menyampaikan kepada Gubernur Sulteng,”jelas Bupati Irwan usai meresmikan pemanfaatan kembali Masjid Al Abrar di Desa Potoya Kecamata Dolo, Sigi, Sabtu (30/3-2019-dikutip di kantor berita antara). ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: