Warga Pattinjo Rawat Kebersamaan Dengan Gotong Royong

Sejumlah Warga bergotong royong membersihkan saluran irigasi . (Foto dok Pojoksulsel.com)
0

PINRANG (Deadline News/koranpedoman.com)– Warga Dusun Kandoka dan Lombo (Suku Pattinjo), Desa Benteng Paremba, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), memiliki tradisi sendiri jalin keakraban. Mereka bergotong royong membersihkan saluran air gunung yang mengaliri sawah-sawah milik mereka.
Warga Paremb‎a, Gaffar, mengatakan, sudah menjadi kegiatan rutin warga sekitar setiap sepekan bergotong-royong membersihkan saluran air yang kotor. “‎Dengan cara ini kami jalin keakraban antarwarga. Ya, silaturahmi,” katanya, Senin (14/11/2016), dikutif di Pojoksulsel.com.
Dia menjelaskan, saluran air warga kerap terjadi penyumbatan dan keruh‎ akibat sampah dedaunan. “Air dari saluran irgasi itu digunakan ‎untuk minum dan pengairan sawah warga,” tambah Gaffar.
Sekretaris Desa Benteng Paremba Kecamatan Lembang, Burhanuddin, mengatakan, kegiatan tersebut, adalah tradisi warga sejak puluhan tahun silam. “Sudah tradisi warga kami di sini. Mereka sadar akan penting gotong royong untuk kepentingan bersama,”katanya.‎
Kedepan ia berharap, dengan kegiatan seperti ini bisa lebih mendekatkan kebersamaan serta kekeluargaan khususnya di Dusun Kandoka. “Semoga ini terus dijaga,”ungkapnya. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: