Walau Hanya Dibuka Camat Tarowang Pesta Adat JJS Ramai

foto pertandingan takraw jelang pembukaan pesta adat JJS di Balang Loe Tarowang. foto Bang Doel/deadline-news.com
0

foto M.Arief Sonda Kr.Kulle, pemangku adat keturunan Raja Tarowang. foto Bang Doel/deadline-news.com

Bang Doel (deadline-news.com)-Walau hanya dibuka secara resmi oleh Kepala Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan Abdurahman Nara,SE, M.Si pesta adat Je’ne-Je’ne Sappara (JJS), di tepi pantai Balangloe Rabu malam (17/10-2018), sangat meriah.

Pesta adat JJS itu, diisi dengan berbagai lomba, diantaranya Takraw, Pasempa (duel) dengan menggunakan kaki, Tari-Tarian tradisional, dan pemilihan Tau Rungkana dan Tau Lolonna (putra dan putri) yang terganteng dan tercantik dari yang paling gaga/ganteng dan paling cantik.

Lomba ini diikuti dari Kabupaten Tetangga, seperti Bulukumba, Bantaeng, Takalar, Gowa dan Makassar.

Pesta adat JJS itu berlangsung 7 hari 7 malam. Dan puncaknya pada tanggal 24 Oktober 2018. Rencananya Gubernur Sulsel Prof Dr.Ir.HM.Nurdin Abdullah, M.Agr akan hadir pada puncak acara JJS itu.

“Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sekitar 10 ribuan masyarakat yang hadir memeriahkan puncak acara JJS ini. Biasanya warga keturunan asal Tarowoang yang berada di luar daerah hadir menyaksikan dan memeriahkan acara JJS ini,”ujar Asis Dg Genda, SE menjawab deadline-news.com Rabu malam (17/10-2018) di Lokasi Pesta Adat JJS.

Hadir dalam pembukaan pesta adat JJS itu, yakni Ketua pemangku adat Kerajaan Tarowang M.Arief Sonda Karaeng Kulle, keturunan Raja Tarowang ke IX-XI Andi Qomar Patta Ambarala Karaeng Baso Lompo Bongga, Kapolsek Tarowang Ipda Kamaruddin,SE dan puluhan keturunan Raja-Raja Tarowang. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: