Wabup Touna Buka Kegiatan Workshop Pengembangan Desa Wisata

0

Syamsul Bahri M. Kasim (deadline-news.com) Tounasulteng – Wakil Bupati Tojo Una-Una (Touna) Ilham Lawidu membuka kegiatan workshop peningkatan kapasitas tenaga kerja dalam pengembangan desa wisata.

Kegiatan workshop itu digelar di hotel lawaka jalan tanjung lawaka kelurahan dondo kecamatan ratolindo kabupaten tojo una-una sulawesi tengah Rabu (16-6-2021)

Pada kesempatan itu, wakil bupati Ilham lawidu dalam sambutannya mengatakan, kabupaten tojo una-una termasuk dalam 88 kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Ia juga menuturkan, berdasarkan peraturan pemerintah (PP) nomor 50 tahun 2011, Riparnas 2010-2025, keberadaan kepulauan togean sebagai destinasi unggulan,

“dengan alam bawah lautnya yang eksotis telah banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Dari data yang ada kata wakil bupati Ilham, menunjukan bahwa terdapat sekitar 23 negara yang sudah berkunjung ke daerah itu ujarnya.

Ia berharap potensi tersebut menjadi sektor unggulan yang dapat menggerakan perekonomian daerah.

Untuk itu kata dia, pengembangan pariwisata kedepan menjadi tanggung jawab kita bersama,

“pengembangannya tak boleh dilakukan secara parsial dinas pariwisata dan kebudayaan,

“namun, lanjut wabup Ilham, perlu dorongan dan dukungan dari para pemangku kepentingan,

“dorongan dan dukungan itu melalui upaya dan langkah-langkah kongkrit katanya.”

Diakuinya bahwa konsep tata kelola desa wisata di kabupaten touna belum maksimal, sebagaimana pengelolaan desa wisata di daerah lain,

“namun ia meyakini, kedepannya pengembangan desa wisata di touna akan menjadi lebih baik,

“sebab didukung oleh sumber daya alam (SDA) yang sangat luar biasa, dan kekayaan kultur budaya yang dimiliki daerah ungkapnya.”

Atas nama pemerintah daerah, ia mengajak semua pihak untuk menjaga keamanan, keindahan, kenyamanan dan kebersihan lingkungan didaerah sivia patuju.

Selain itu, ia juga menghimbau pada seluruh pemangku kepentingan agar selalu bersinergi dalam menata,

“dan mengembangkan kepariwisataan didaerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat kata Wabup Ilham.”
Hadir pada kegiatan itu, direktur penyerasian pembangunan sosial, budaya dan kelembagaan kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi RI, Bonivasius prasetya ichtiarto, Ketua DPRD diwakili ketua Komisi I Jafar M. Amin,

Sekertaris Daerah, pimpinan perangkat daerah lingkup pemda touna, Kepala btnkt,  pimpinan asosiasi mitra usaha pariwisata, phri, hpi, badan promosi pariwisata daerah dan desa, wisata fondasion.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: