Semua Usungan Parpol Lolos, Perseorangan TMS

SIGI, (koranpedoman.com/Deadline News)–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin siang (24/8/2015), mengumumkan hasil rapat pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati Kabupate Sigi. Dari lima pasangan bakal calon yang mendaftar, pasangan jalur perseorangan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dukungan.

Pengumuman disampaikan langsung Ketua KPUD Sigi Taufik Lasenggo. Taufik didampingi empat komisioner lainnya. Hadir pula tim pemenangan lima pasangan bakal calon serta pejabat pemerintah dan kepolisian.

Keempat pasangan yang dinyatakan lolos menjadi calon semuanya melalui jalur partai politik. Mereka adalah Nurzain Djaelangkara – Ayub Wilem Darawia yang diusung Partai Nasdem, Partai Demokrat, pasangan Muhammad Irwan – Paulina diusung Partai Golkar, Partai Amanat Nasional dan Gerindra, pasangan Husein Habibu – Enos Pasaua diusung Partai Hanura dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Muhamad Agus Lamakarate – Wardha diusung PDI Perjuangan dan Partai Bulan Bintang.

Sedangkan pasangan perseorangan bakal calon bupati dan wakil bupati Surahman – Andi Lasipi hanya memperoleh 9.125 dukungan sah setelah verifikasi faktual dan perbaikan. Untuk lolos sebagai calon jalur perseorangan, KPUD Sigi menetapkan syarat minimal dukungan sebanyak 24.135 dukungan sah, atau 10 persen dari jumlah penduduk kabupaten Sigi.

Di sela-sela saat Ketua KPUD Sigi membacakan rangkaian surat keputusan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati, dua orang dari tim pemenangan Surahman dan Andi Lasipi memilih meninggalkan ruangan pertemuan.

Setelah dilakukan pengumuman penetapan dilanjutkan dengan penyerahan berita acara hasil penetapan sebagai calon bupati dan wakil bupati kepada masing-masing tim pemenangan.

Sejumlah aparat kepolisian dari Polres Sigi disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya aksi di kantor KPUD Sigi. Barikade kawat berduri juga sudah dipasang di luar halaman atau tepi jalan depan KPUD Sigi. (Patar/KS.com).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top