Sekkot Palu Mewakili Walikota Buka SIPBM

 

Wali kota Palu diwakili Sekretaris Daerah kota Palu, H. Asri, SH membuka secara resmi kegiatan Analisis Data Hasil Validasi program Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) di kota Palu pada Rabu, (9/9-2020).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dilaksanakan di Kampung Nelayan atas kerja sama Pemerintah kota Palu, Unicef Indonesia, dan Yayasan Karampuang.

Dalam arahannya, Sekkot yang membacakan sambutan tertulis Wali kota Palu mengatakan pelaksanaan SIBM yang dikembangkan oleh Unicef dan Yayasan Karampuang ini telah berproses hampir beberapa bulan di empat kelurahan yang ada di kota Palu.

Sistem ini, katanya merupakan sistem yang dikembangkan berdasar hasil pendataan yang dilakukan dari, oleh, dan untuk masyarakat, guna membantu peningkatan kinerja pembangunan berdasarkan partisipasi masyarakat di kelurahan di bidang penyediaan data mikro.

“Harapannnya hasil SIPBM ini bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk mencari solusi pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, dan bidang lainnya, karena data mikro yang diperoleh benar-benar rill berasal langsung dari masyarakat,” katanya.

Menurutnya, data dan informasi yang terkumpul hari ini akan divalidasi serta diinterpretasi, tentu sama diketahui bahwa tahapan semua ini, sudah dilalui secara berjenjang, mulai dari tingkat enumerator, RT/RW sampai kelembagaan formal Pemerintahan tingkat kelurahan, kecamatan dan kota, walaupun pelaksanaannya masih di uji cobakan di empat kelurahan.

“Harapannnya data dan informasi yang terinterpretasi hari ini, dapat memberikan advokasi dan gambaran yang tepat tentang bagaimana profil pembangunan pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, infrastruktur, dan bidang pembangunan lainnya ditindak lanjuti dalam penyusunan rencana aksi bersama masyarakat,” harapnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top