Sekda Buka Ujian Seleksi TKK

0

 

M.Ramly Bantilan (deadline-news.com)-Buolsulteng-Sekretaris Daerah Kabupaten Buol Drs. H. Mohammad Suprizal Jusuf, MM, Membuka ujian Seleksi Tenaga Kontrak kesehatan (TKK) lingkup Dinas Kesehatan, Penduduk Dan KB Kabupaten Buol, di Aula BKPSDM Kabupaten Buol Senin (10/1-2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Plt, Ka. BKPSDM, Dinas Kesehatan PP&KB, para pejabat Administrator Dan Fungsional di lingkungan Dinas Kesehatan Kab.Buol, serta Peserta ujian Seleksi Tenaga Kontrak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buol dalam sambutanya memberikan apresiasi dan menyampaikan rasa syukur atas kegiatan pelaksanaan ujian seleksi tenaga kontrak khususnya tenaga Kesehatan.

” Kesehatan merupakan
salah satu indikator pembangunan manusia dan perekonomian suatu bangsa,”ujarnya.

Menurutnya upaya mewujudkan Indikator pembangunan manusia dan perekonomian ini tentu memiliki tantangan yang tidak mudah.

Sehingga perlu diimbangi dengan kecukupan sumber daya kesehatan itupun belum cukup tanpa diimbangi oleh tenaga kesehatan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

“Sehingga komitmen utama pemerintah Kabupaten Buol dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat tercapai,” tutur Sekda.

Lebih lanjut Sekda menambahkan bahwa Langka-langka tersebut memuat rencana strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Buol dengan permasalahannya belum optimal.

Akses dan kualitas pelayanan kesehatan salah satunya meningkatkan kualitas SDM Kesehatan dengan indikator Tenaga Kesehatan yang mendapatkan Pendidikan dan pelatihan.

Sehingga nilal atau value yang terkandung dalam Motto Dinas Kesehatan Kabupaten Buol “Sehat Untuk Semua” dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kabupaten Buol yang kita cintai.

“Dalam perencanaan Kebutuhan Kesehatan, kebutuhan pengembangan Program pembangunan Kesehatan dan ketersediaan tenaga – tenaga kontrak daerah khususnya bagi tenaga Kesehatan secara nasional disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan masalah Kesehatan,”jelasnya.

Ia mengatakan pengadaan tenaga Kesehatan dilakukan melalui perencanaan kebutuhan dan diselenggarakan melalui Pendidikan tinggi bidang Kesehatan, baik oleh pemerintah pusat maupun masyarakat.

Kata Sekda perencanaan tenaga Kesehatan dilakukan dengan memperhatikan kesesuaian jenis dan jumlah Tenaga Kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan kualifikasi Pendidikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ia menambahkan perencanaan dimulai sejak dari tahapan pengadaan Tenaga Kesehatan diinsitusi Pendidikan hingga tahap pemerataan dan pemenuhan untuk BB pendayagunaan Tenaga Kesehatan.

Sehingga dengan demikian akan tersedia Tenaga Kesehatan yang bermutu, dapat mencukupi kebutuhan secara adil dan merata dan termanfaatkan secara berhasil guna dan berdayaguna.

Peraturan Pemerintah Nomor 67 tahun 2019 tentang pegelolaan Tenaga Kesehatan di tetapkan dijakarta pada tanggal 24 September 2019 Oleh Presiden Joko Widodo.

“Kewenanganya yang dilakukan secara mandiri Sejalan dengan arah perkembangan organisasi pemerintahan termasuk organisasi kesehatan, yaitu yang ramping dalam struktur akan tetapi kaya dalam fungsi,”ungkapnya.

Dia berharap agar ujian kontrak tenaga Kesehatan kali ini menjamin kualitas, kuantitas dan pemerataan tenaga Kesehatan, yang dilakukan melalui perencanaan, pengadaan, pendayagunaan serta pembinaan dan pengawasan terhadap Tenaga Kesehatan.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Buol dan saya selaku Sekretaris Daerah Pemerintah Kab.Buol mengucapkan Selamat Mengikuti Pelaksanaan Ujian Seleksi ini Saya berharap Saudara sekalian dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh sampai waktunya Kalian berhasil dan mendapatkan hasil kelulusan, menjadi Tenaga Kontrak yang diharapkan,”tutupnya. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: