Ruas Jalan Trans Sulawesi Tolitoli – Buol Nyaris Putus

0

 

Mahdi Rumi (deadline-news.com)-Tolitolisulteng-Jalan trans sulawesi wilayah 1, tepatnya di dusun Babana desa Bajugan kecamatan galang nyaris putus.

Ruas jalan nasional ini, menghubungkan kabupaten Tolitoli dengan kabupaten Buol Sulawesi Tengah.

kondisi ini diperparah akibat abrasi pantai, ditambah lagi dengan adanya gelombang air laut pasang yang terjadi Selasa sore (12/1-2021).

“Air laut dan gelombang pasang ini menggerus badan jalan, sehingga membahayakan warga pengguna jalan yang hendak menuju kabupaten Buol begitupun sebaliknya dan bila tidak segera tertangani akan membuat jalan ini putus dan sangat menyulitkan warga. Karena jalan ini merupakan satu – satunya jalan yang menghubungkan Tolitoli Utara, Kabupaten Buol hingga ke kabupaten tetangga Gorontalo Utara,”kata kata Fuad warga yang lalu lalang di ruas jalan itu setiap hari.

Menurut Fuad bila tidak segera tertangani dalam waktu dekat akan putus.

Sementara itu Kepala Satuan Kerja (Kasatker) BPJN 1 Sulteng Dr.Irfan Rivai yang dikonfirmasi Rabu pagi (13/1-2021), via whatsappnya mengatakan akan ada penanganan darurat dengan batu kosong dan bronjong terlebih dahulu.

Menurutnya tahun 2019 sebenarnya sudah ada penanganan di bibir pantai dengan pasangan batu, namun rupanya kondisi gelombang laut yang cukup tinggi beberapa hari ini tidak mampu ditahan.

“Hari ini Tim Reaksi Cepat (TRC) Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulteng yang terdiri dari Unsur Balai, Unsur Satker PJN 1 dan Unsur P2JN akan memeriksa lapangan kemudian menentukan penanganan yang akan dilaksanakan. Tentunya penanganan tersebut akan dilanjutkan dengan penanganan permanen yang desainnya akan segera direncanakan,”jelas Irfan.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: