Ruas Jalan Pangaparang Benteng Paremba Hancur

0

 

“Pemerintah Kabupaten Pinrang Acu”

Bang Doel (deadline-news.com)-Pinrangsulsel-Ruas jalan yang menghubungkan Desa Pangaparang dengan Desa Benteng Paremba Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang hancur.

Badan jalan tersebut sudah berlubang-lubang dan aspalnya sudah hancur, sehingga tinggal bebatuan dan krikil serta tanah bercampur jadi satu.

Akibatnya menimbulkan ketidak nyamanan bagi pengguna jalan tersebut. Ruas jalan itu sudah berlubang-lubang, sehingga nampak seperti kubangan kerbau disaat musim hujan seperti saat ini.

Ruas jalan tersebut sejak periode kedua Bupati Andi Aslan Patonangi tidak pernah mendapat perhatian. Bahkan terkesan diacuhkan.

Kemudian memasuki 3 tahun pemerintahan Bupati baru Pinrang periode 2018-2023 Andi Irwan ruas jalan yang menjadi akses masyarakat Desa Pangaparang, Benteng Paremba, Salisali dan Suppiran itu belum juga mendapat perhatian.

Padahal ruas jalan tersebut menjadi akses penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari kantong-kantong produksi ke pasar.

Apalagi di 5 desa di kecamatan Lembang yakni Desa Benteng Paremba, Salisali Mesakada, Suppirang dan sebagian desa Pangaparang itu merupakan salah satu wilayah yang dihuni kurang lebih 10 ribu penduduk dengan sumber utama pertanian dan perkebunan.

Sehingga mereka sangat kesulitan mengangkut hasil produksinya ke pasar akibat ruas jalan dari desa Pangaparang ke Benteng Paremba, Salisali, Mesakada dan Suppirang rusak parah.

Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid yang berusaha di konfirmasi via handpone selulernya di no.08229179299* Selasa (16/6-2021), tidak dapat dihubungi. Handponnya tidak aktif. Dari balik telepon Bupati Irwan yang akrab disapa Andi Iwan itu terdengar nada sambung menyebutkan maaf telepon yang anda tuju sedang tidak aktif atau berada diluar jangkauan.

Kemudian Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pinrang Awal yang berusaha dikonfirmasi via telepone genggamnya juga tidak memberikan tanggapan. Handponennya aktif namun tidak dijawab saat dihubungi, begitupun saat dikonfirmasi via pesan singkat.

Kepala Dusun Lombo Haji Sere berharap pemerintah Kabupaten Pinrang segera memperbaikin ruas jalan tersebut.

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Pinrang segera memperbaiki ruas jalan tersebut, sehingga masyarakat senang,”ujarnya.

Kata Sere tidak ada gunanya dan manfaatnya Musrembang Desa, Kecamatan dan Kabupaten jika usulan pembangunan dan perbaikan ruas jalan dari Pangaparang ke Benteng Paremba tidak juga diperhatikan. Bahkan katanya dialihkan ke tempat lain.

Hal senada juga dikatakan tokoh masyarakat Pangaparang Jaddang.

Sementara itu Pallao tokoh pemuda Lombo menegaskan Bupati Andi Iwan jangan hanya saat pilkada raji turun ke masyarakat Lembang wabil khusus masyarakat Desa Benteng Paremba.

“Mana itu janji-janji kampanye yang akan memperbaiki jalan di desa-desa,”kata Pallao dengan nada menagih.

Desa Pangaparang dan Benteng Paremba adalah wilayah Utara Pinrang yang merupakan perbatasan Polewali Mandar Provinsi Sulbar. Sehingga mestinya menjadi perhatian khusus dalam program pemangunan, utamanya pembangunan dan perbaikan ruas jalan.

Sehingga tidak malu dengan daerah tetangga yang lebih mulus pembangunan jalannya dari Paku ke Amola, Tanete sampai ke Sabura.

Anggota DPRD Pinrang Dapil Batulappa dan Lembang Abdul Halim mengaku sudah dua kali mengusulkan anggaran perbaikan dan peningkatan ruas jalan Pangaparang, Benteng Paremba sampai Salisali. Namun anggarannya dialihkan ke tempat lain.

“Tahun 2021 ini kami sudah usulkan lagi anggarannya. Mudah-mudahan tidak dialihkan ke tempat lain seperti pada anggaran 2020 lalu,”ujar Haling.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: