RSUD Buol Sudah Siap Rawat Pasien Covid19

foto Tim Covid19 Tolitoli saat Jumpers. foto Mahdi Rumi/deadline-news.com
0

 

Mahdi Rumi (deadline-news.com)-Tolitolisulteng-Terkait rencana pemulangan pasien PDP 02 yg dirujuk dari rsu Buol ke rsu tolitoli akan dilakukan setelah hasil swab kedua diterima. Hal ini disampaikan kepala dinas kesehatan Kabupaten Tolitoli Drs. Bakri Idrus.

Kata bakri hal ini dilakukan setelah melihat kondisi pasien itu yang mulai membaik dan tidak memerlukan oksigen. Sehingga sesuai aturan pasien itu bisa dipulangkan.

“Dalam waktu sehari dua ini, setelah swab diterima kita akan kembalikan ke pasien dalam pengawasan (PDP) ini ke RUSD Buol,”kata Bakri.

Bupati Buol dr. H.Amirudin Rauf, S.POG menjawab konfirmasi deadline-news.com Senin (13/4-2020), via whatsappnya mengatakan pada prinsipnya siap menerima kapanpun warganya yang akan dikembalikan, sepanjang sesuai protap yang sudah ditetapkan.

Sebetulnya kata Bupati Buol yang akrab disapa dr.Rudi itu, fasilitas yang ada di RSUD Buol kurang lebih sama dengan yang ada di Tolitoli,cuman karena kementrian kesehatan menetapkan RSUD Mokopido Tolitoli sebagai salah satu RSUD Rujukan covid19 di Wilayah Tolitoli dan Buol.

“Makanya disiapkan untuk pengambilan sampel swab untuk PDP “kata Bupato Buol dua periode itu.

Menurutnya, namun untuk epektifitas, pihaknya telah bermohon ke dinkes provinsi agar diberi izin untuk merawat warganya yang sudah dinyatakan PDP Covid19 dan sudah disetujui.

“Kadinkes provinsi Sulteng telah menyetujui untuk melakukan perawatan pasien covid19 di RSUD Buol, setelah dinkes provinsi Sulteng melakukan pelatihan dan mengirim peralatannya. Sehingga berikutnya ketika ada pasien covid covid19 tidak perlu lagi merujuk ke Tolitoli dan sudah dapat ditangani di RSUD Buol,”jelas Bupati Buol dr.Rudi. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: