Puluhan Rumah di Masama Terendam Banjir

IK Basir (deadline-news.com)-Banggaisultim-Puluhan rumah warga di Kecamatan Masama, sejak Sabtu (2/6/2018) kembali terendam banjir. Hujan deras yang terus menerpa wilayah yang dipimpin Camat Masama Kamaluddin Djano, S.Pd, SH itu menyebabkan rumah warga terendam air dengan ketinggian bervariasi.

Sampai saat ini sejumlah warga terpaksa harus di evakuasi ke rumah warga lainnya yang rumah mereka tidak terkena banjir. Hanya saja dapat dilaporkan bahwa ketinggian air saat ini mulai berangsur surut.

Camat Masama Kamaluddin Djano kepada media ini Minggu (3/6/2018) mengatakan, wilayah Masama memang merupakan wilayah yang sering mengalami banjir. Wilayah terdampak paling parah akibat banjir yakni Desa Purwo Agung, Desa Minang Andala, Desa Simpangan termasuk Desa Taugi.

Guna melihat secara langsung wilayah terdampak banjir itu, Camat Masama beserta sejumlah anggota TNI Kodim 1308/LB meninjau langsung lokasi-lokasi banjir serta meminta agar para kepala desa segera mengevakuasi warganya termasuk melakukan pendataan.

“Sebagai Camat saya menghimbau agar kepala desa masing-masing yang terkena banjir untuk segera melakukan evakuasi warganya kerumah warga lain yang tidak terkena banjir. Saya juga memerintahkan kepala desa untuk melakukan pendataan warganya yang terkena banjir,” kata Kamaluddin kepada media ini.

Kepada warganya Camat Masama menghimbau untuk tetap tenang dan tidak panik, karena saat ini pemerintah kecamatan dan pemerintah daerah tengah berupaya semaksimal mungkin menanggulangi bencana agar tidak terjadi korban baik luka apalagi sampai korban jiwa.

Camat meminta agar pada kades melaporkan secara tertulis wilayah mana saja terdampak dan detail warga yang rumahnya kebanjiran untuk selanjutnya akan dilaporkan kepada Bupati Banggai serta instansi teknis terkait.

“Tadi saya bersama Danramil dan para Babinsa turun langsung ke lapangan, sudah saya sampaikan agar warga jangan panik karena pemerintah tengah berupaya melakukan penanggulangan. Para kades saya minta buat laporan tertulis para warganya yang terdampak banjir. Laporan itu nanti akan saya bawa kepada pimpinan dalam hal ini bupati serta instansi teknis terkait untuk ditindaklanjuti,” jelas mantan kabid operasi Satpol PP ini.

Diungkapkan pula oleh Camat Masama, saat ini hujan mulai reda dan berharap hujan tidak lagi mendera wilayah kerjanya agar rumah warga tidak mengalami lagi kebanjiran. Pemerintah Kecamatan Masama pada media ini mengucapkan terimakasih kepada Danramil 1308/06 Lamala atas kesiap siagaan jajaranya di lapangan yang senantiasa memonitoring dan membantu warga terdampak banjir. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top