Proyek Penanggulan Pantai Teluk Palu Sudah Mencapai 65 Persen

foto Batu Boulder, yang digunakan menimbun pantai Teluk Palu. foto Bang Doel/deadline-news.com
0

 

Nanang (deadline-news.com)-Palusulteng-Kepala pelaksana proyek PT.Adhi Karya (Persero) Tbk Adi Sucipto kepada deadline-news.com mengatakan sampai saat ini Rabu (2/9-2020), progres pekerjaan penanggulan pantai teluk Palu mulai dari Silae, Besusu sampai Talise (Silabeta) telah mencapai 65 perses dengan waktu tersisa 4 bulan atau 120 hari lagi.

Menurutnya pelaksanaan penggalian dilakukan sesuai dengan gambar, dasar galian elevasi -2,50, bantaran tanggul sisi depan (arah laut) di elevasi +0,10 dan elevasi top tanggul + 3,00.

“Jadi kalau ada informasi mengatakan bahwa ada kesalahan fatal, diantaranya kedalaman galian tidak mencapai 1,5 meter itu sangat tidak benar,”ujar Adi.

Adi menjelaskan bahwa pengukuran elevasi dilakukan oleh surveyor dengan menggunakan alat ukur total station, theodolite,dan waterpas.

Kemudian ada yang mengatakan bahwa galian dibiarkan bermalam sehingga air pasang menggenangi galian baru dipasangi geotextile dan batu gajah, itu juga tidak benar.

“Yang benar adalah galian dilakukan disaat batu gajah sudah di drop di lapangan dan langsung dipasang,”jelas.

Adi menambahkan terkait adanya dugaan pekerjaan dibekingi oleh oknum penegak hukum, juga tidak benar.

“Informasi tersebut tidak benar, kami tidak pernah dirugikan oleh siapapun. Toh semua dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Dan konstruksi pengaman pantai amankan garis pantai teluk Palu. Selain itu penggunaan material telah melalui uji lab sesuai spesifikasi,”terang Adi. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: