Polres Banggai Gelar Takbligh Akbar, Dihadiri Dua Ribuan Masyarakat

foto. Sekitar Dua ribuan warga Kabupaten Banggai menghadiri kegiatan Tabligh Akbar di Masjid Agung An’Nur Luwuk yang diselenggarakan Polres Banggai. foto IK Basir/deadline-news.com
0

IK Basir (deadline-news.com)-Banggaisultim – Guna meningkatkan tali silaturahmi dengan masyarakat di daerahnya, Polres Banggai Rabu (6/6-2018) menggelar Tabligh Akbar di Masjid Agung An’Nur Luwuk.

Kegiatan itu dihadiri oleh Wakapolda Sulteng Kombes Pol. Drs. Aris Purnomo dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulteng Habib Ali Al-Djufrie. Tabligh Akbar itu dihadiri kurang lebih 2.000an warga Kabupaten Banggai. Kegiatan riligius itu bertajuk “melalui Takbligh Akbar kita ciptakan pesta demokrasi 2019 yang aman dan damai.”

Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Takbligh Akbar yang dihadiri oleh Bupati Banggai, Ketua DPRD Banggai dan Dandim 1308/LB ini, dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Satgas Nusantara Polri, bekerjasama dengan pemerintah daerah serta stake holder lainnya yang ada di daerah ini.

Kegiatan itu bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi Polri dengan masyarakat Kabupaten Banggai serta secara bersama menangkal adanya faham radikalisme yang bisa saja tumbuh di daerah ini, sehingga mengakibatkan ganggu Kamtibmas.

Pada momentum pesta demokrasi mendatang, AKBP Moch Sholeh berpesan agar seluruh masyarakat tetap menjaga hubungan silaturahmi demi Kabupaten Banggai yang lebih maju, aman dan damai.

“Walau berbeda pilihan jangan memutus tali silaturahmi, mari bersama Polri kita ciptakan demokrasi 2019 yang aman dan damai,” kata Kapolres Banggai yang disambut tepuk tangan hadirin.

Bupati Banggai Herwin Yatim yang diminta memberikan sambutan mengatakan, pemerintah daerah memberikan apresiasi terhadap Polres Banggai yang bisa melaksanakan kegiatan Takbligh Akbar dengan menghadirkan ribuan umat muslim di daerah ini.

Herwin Yatim memandang kegiatan itu adalah kegiatan positif sebagai bagian dari saling mengingatkan untuk mengingat persoalan keilahian, sehingga tidak memunculkan perpecahan bahkan berujung pada aksi terorisme.

“Hampir diseluruh wilayah di Indonesia bahkan bisa jadi di Kabupaten Banggai muncul bibit keretakan melalui faham-faham radikalisme, padahal sejatinya manusia sebagai mahluk sosial itu tidak bisa hidup sendiri namun membutuhkan orang lain, sehingga harapan saya dengan kegiatan ini dapat memperkuat landasan keberagaman yang ada di daerah ini. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada Kapolres Banggai yang telah melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya dihadapan ribuan jamaah itu.

Wakapolda Sulteng Kombes Pol.Drs Aris Purnomo pada kesempatan itu menyampaikan amanat Kapolda Sulteng yang pada intinya meminta agar seluruh masyarakat Kabupaten Banggai tetap menjaga silaturahmi demi menjadikan daerah ini aman dan kondusif serta terhindar dari faham-faham radikalisme.

Perwira tiga melati ini juga berpesan agar para ibu untuk senantiasa mengawasi anak mereka karena faham radikal ini sudah mulai menyasar kalangan remaja. Sebagai wilayah multi etnis, Kabupaten Banggai harus mampu menjaga situasi Kamtibmas bersama Polri sehingga daerah ini lebih maju lagi dari segala aspek.

Pada kegiatan itu Ketua MUI Sulteng dan Ketua MUI Kabupaten Banggai memberikan siramah rohani hingga waktu berbuka puasa tiba. Kegiatan itu kemudian dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama.

Kapolres Banggai saat dimintai keterangannya mengatakan penyampaian permohonan maafnya jika dalam pelaksanaan Takbligh Akbar itu terdapat kekurangan, pihakny kedepan bakal menggelar kegiatan serupa dan memperbaiki segala kekurangan saat ini. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: