Peringatan Maulid Nabi Merupakan Ungkapan Rasa Syukur

 

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng-Wali kota Palu diwakili Sekretaris Daerah kota Palu, H. Asri L. Sawayah, SH menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H di Masjid Babulkhairat kelurahan Tavanjuka Ahad malam (10/11- 2019).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus Masjid Babulkhairat tersebut mengangkat tema “Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Kepada Allah SWT Seraya Mengharapkan Ridho-Nya.”

Sekkot H.Asri yang membacakan sambutan tertulis Wali kota mengatakan peringatan maulid ini sudah menjadi tradisi ummat Islam khususnya di Indonesia yang mewarnai setiap aktivitas peringatan hari-hari besar Islam setiap tahunnya.

“Maulid yang kita laksanakan setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur kehadiran Rasulullah SAW di muka bumi dan media untuk membangun nilai-nilai budaya toleransi, kekeluargaan, dan kegotongroyongan,” katanya.

Menurutnya, hikmah maulid sendiri dapat dipetik dan benar-benar dapat tertanam dalam sanubari setiap manusia sehingga terimplementasi dalam tutur kata, sikap, dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Ia mengatakan kehadiran Muhammad SAW sebagai Nabi penutup benar-benar menjadi pelita kehidupan zaman jahiliyah. Dialah sosok manusia pembaharu kehidupan bermasyarakat dari yang biadab menjadi yang beradab, sehingga tidak berlebihan jika dikatakan Rasulullah SAW adalah seorang tokoh pembangun peradaban berketuhanan dan berprikemanusiaan yang tinggi.

“Hal tersebut karena modal utama Nabi Muhammad SAW dalam membangun diri dan membangun umat ini, terletak dan bersumber pada kekuatan iman, ketaqwaan, dan kemantapan akhlak. Inilah makna Maulid dakan diri masing-masing dan hendaknya menjadi warna dari tampilan sikap dan perilaku keseharian kita,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Wali kota melalui Sekretaris Daerah kota Palu berharap semoga peringatan Maulid Nabi tahun ini akan membuat masyarakat di kota Palu menjadi lebih tentram dan damai, juga memberikan kesejukan, kejernihan berfikir bagi umat Islam di kota ini. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top