PEMKAB BANGKEP FOKUS TURUNKAN Angka KEMISKINAN

Foto PJ Bupati Bangkep Ihsan Basir. Foto dok/deadline-news.com
0

Antasena (deadline-news.com)-Bangkep-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai Kepulauan (Bangkep) fokus menurunkan tingkat kemiskinan dengan memprioritaskan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat miskin di daerah setempat.

Bangkep merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang berada diurutan terendah Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Pj Bupati Bangkep, Ihsan Basir dalam pertemuan dengan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Rabu (27/7-2022), di Salakan menyatakan pihaknya memprioritaskan program-program dan kegiatan-kegiatan yang mendukung penurunan angka kemiskinan di wilayah Bangkep.

Berdasarkan Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Bangkep penduduk miskin berkisar 69.769 jiwa yang tersebar pada13 Kecamatan di daerah setempat.

Selain itu, Pemkab Bangkep juga sedang melakukan verifikasi dan validasi (verivali) penduduk miskin sehingga data yang dihasilkan lebih akurat (updating)  sesuai dengan fakta di lapangan.

Ihsan Basir mengatakan langkah cepat yang dilakukan pemerintah daerah yakni dengan  mengintervensi program dan  kegiatan pada sektor pertanian, perikanan dan peternakan yang menjadi mata pencaharian utama warga setempat.

Program prioritas yang akan dilaksanakan antara lain membuka akses jalan usaha tani, tersedianya pupuk,  pembuatan embung,  bantuan asuransi nelayan, bantuan alat tangkap ikan/perahu.***

 

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: