PELINDO IV Peduli Gempa dan Tsunami

foto barang-barang yang akan disalurkan ke masyarakat korban Gempa bumi, Tsunami dan tanah berlumpur. foto Dok Pelindo IV/deadline-news.com
0

Ismail (deadline-news.com)-Palusulteng-Pasca terjadinya gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Pelindo IV telah membuat program aksi tanggap darurat dengan membentuk Posko Peduli Gempa & Tsunami Sulteng.

Kantor Pusat yang berlokasi di Makassar Minggu dini hari (1/10) telah memberangkatkan bantuan dan relawan melalui KM Bukit Siguntang. Sumbangan bantuan melalui Pelabuhan Makassar ini dikordinir langsung oleh Direktur SDM dan Umum PT Pelindo IV, M. Asyhari.

“Kita membentuk dua posko, satu sebagai posko internal Perseroan, dan satu lagi Posko Terpadu BUMN Hadir untuk Negeri, dimana Pelindo IV selaku kordinator PKBL BUMN, yang meliputi BUMN-BUMN yang ada di sekitar Sulawesi,”Kata M. Asyhari.

Tahap awal bantuan dititikberatkan di Pantoloan dimana menjadi salah satu titik lokasi yang mendapatkan dampak serius. Jumlah bantuan gelombang pertama yang telah terkumpul dan terkirim mencapai lebih kurang 50 ton atau lebih kurang 1.400 koli dengan nilai lebih kurang dari empat ratus juta rupiah.

Bantuan terdiri dari bahan makanan berupa ratusan kg beras, telur, indomie, air mineral, susu bayi, makanan bayi, popok bayi, biskuit, minyak kelapa, gula, minuman sachet, minuman kotak, pakaian, selimut, sarung, perlengkapan ibadah seperti mukenah dan sajadah, pakaian dalam, serta pakaian bekas layak pakai.

Selain itu bantuan juga terdiri dari obat-obatan, masker, sarung tangan, dan perlengkapan untuk pertolongan pertama. Dalam barang-barang bantuan tersebut di samping makanan juga termasuk peralatan mandi, kompor dan tabung gas, peralatan masak seperti panci, wajan, piring dan sendok.

Untuk kelengkapan safety juga ada sepatu booth, senter. Untuk tempat tinggal sementara, Posko juga mengangkut tenda dan terpal. Tak ketinggalan peralatan listrik, bahan bakar (1 drum bensin dan 2 drum solar), kebutuhan dan peralatan lainnya.

Sesuai jadwal, KM Bukit Siguntang diperkirakan tiba di Pelabuhan Pantoloan pada Senin dini hari.

Selain pengiriman melalui Kantor Pusat PT Pelindo IV, secara bersamaan juga telah dilakukan pengiriman melalui cabang-cabang Pelindo IV yang tersebar di 12 belas provinsi baik melalui darat, udara maupun laut sejak Sabtu (29/9-2018), hingga saat ini, antara lain Cabang Bitung, Balikpapan, Samarinda, Bontang, Sangatta, Tanjung Redeb, Toli-toli, KKT (Kaltim Kariangau Terminal) dan PT Equiport, Tarakan, Nunukan, Pelindo IV juga mengirimkan relawan sebanyak 45 orang, 5 orang dari Pegadaian.

Nantinya relawan yang terdiri dari karyawan/karyawati yang memiliki kemampuan teknis, skill, serta operasional sehingga diharapkan mampu membantu para korban serta mendukung operasional pelabuhan Cabang Pantoloan yang mengalami kerusakan cukup berat.

Relawan yang diberangkatkan diutamakan dari internal Pelindo IV dan akan diberangkatkan secara bergantian setiap minggu.

“Setiba di sana, segera salurkan bantuan kepada saudara-saudara yang membutuhkan serta jaga nama baik Pelindo IV,” kata Dirsum Pelindo IV tersebut ketika melepas relawan di dermaga. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: