Koalisi 5 Partai Akan Usung Zainal-Rais di Pilkada Bengkep

Andi Attas Abdullah (Deadline News/koranpedoman.com)-Palu-Bakal calon pasangan Bupati dan wakil Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) H.Zainal Mus-H.Rais Datu Adam digadang-gadang akan diusung lima (5) Partai Politik. Koalisi ke 5 partai Politik itu adalah Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, Hanura dan PPP.
“Kami (Zainal-Rais) telah mendaftar di 6 partai politik untuk maju pada pilkada Bangkep 2017. Ke 6 partai itu yakni Partai Golkar, Demokrat, Hanura, PPP, Gerindra dan PDIP. Namun begitu baru 2 yang hampir pasti mengusung kami, yakni Golkar dan Demokrat,”jelas Zainal usai menghadiri Silaturahmi Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto di Palu Sabtu (13/8-2016).
Secara terpisah Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulteng, Abdul Razak BM Rajak, SH yang dikonfirmasi membenarkan jika Partainya akan mengusung pasangan calon Bupati Bangkep H.Zainal Mus-H.Rais Datu Adam. “Benar kami akan mendung dan mengusung pasangan calon Bupati Zainal Mus-Rais Datu Adam pada Pilkada Bangkep 2017 mendatang,”jelas Ata.
Sementara itu Ketua Harian DPP Partai Golkar H.Nurdin Halik yang dimintai keterangannya disela-sela kegiatan silaturahmi pengurus dan kader Partai Golkar se Sulteng menegaskan bahwa untuk Pilkada Bangkep Partai Golkar akan melakukan survey terlebih dahulu. Karena survey adalah salah satu syarat untuk mendukung dan mengusung pasangan kandidat Bupati dan wakil Bupati. “Kami belum memutuskan siapa yang akan diusung di Bangkep,”ujar Nurdin Halik sambil berlalu.
Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto dalam pidatonya dihadapan ribuan kader Partai Golkar se Sulteng mengisyaratkan akan melakukan peremajaan pengurus partai Golkar se Sulteng. Dan salah satu bentuknya adalah pelaksana tugas. Isyarat Ketum DPP Partai Golkar Setya Novanto itu, membuat Ketua DPD II Partai Golkar Bangkep Lania Laosa bersama kabinetnya merasa akan di PLT. Apalagi Lania selama menjabat ketua Golkar Bangkep belum ada kantor definitif yang didirikan. Tapi masih kontrakan.
“Yang berkembang adalah rencana PLT (Pelaksana Tugas) untuk Ketua DPD II Golkar di beberapa wilayah Sulteng. Tapi tadi tidak ada waktu audens atau semacam diskusi untuk membahas persoalan tersebut dengan Ketua Umum,” ujar Ketua Harian DPD II Golkar Banggai Kabupaten (Bangkep), Muh Risal Arwi kepada wartawan, usai acara.
Menurutnya, jika merujuk pada aturan organisasi, semestinya Musda Provinsi lebih dulu dilaksanakan. “Jadi tidak dibalik seperti yang terjadi di beberapa DPD II Golkar Sulteng yang mendahulukan Musda kabupaten atau kota,” tegasnya.
Risal menyebut bahwa persoalan itu perlu disampaikan kepada Ketua Umum Partai Golkar agar nampak konsistensi partai terhadap aturan mainnya. “Dalam hal ini, saya rasa Ketua Umum akan arif bijaksana dan jernih dalam menyikapinya. Ini semua untuk kebangkitan Partai Golkar dibawah kepemimpinan Pak Setya Novanto,” sambungnya.
Karenanya, Risal berharap pengurus DPP Golkar mau memberikan kesempatan pada DPD II di Sulteng untuk menyampaikan suara hatinya. “Kami berharap, kalau bisa jangan di PLT dulu. Biarlah proses demokrasi di Sulteng berjalan sebagaimana mestinya, tunggu Musda dulu,” pungkas Risal Arwi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top