Kesbangpol Sosialisasi Pembekalan Menangkal Radikalisme

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng-Wali kota Palu Drs. Hidayat, M.Si membuka secara resmi Kegiatan Pembekalan Menangkal Pemahaman tentang Radikalisme. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Badan Kesbangpol Palu dan Polda Sulawesi Tengah di Aula Kantor Camat Tawaeli Selasa (15/10-2019).

Kegiatan yang juga dihadiri Kepala Badan Kesbangpol kota Palu, Abidin tersebut diperuntukkan untuk para Camat, Lurah, Satgas K5, Lembaga Adat, Suro Lembaga Adat, dan para pengurus Masjid (Imam dan pegawai syara’) se-kota Palu.

Dalam sambutannya, Wali kota menyampaikan kegiatan pembekalan ini dilaksanakan atas saran dari Kapolda Sulteng, Brigjen. Pol. Lukman dalam rangka menangkal pemahaman-pemahaman yang radikal.

“Kita ingin menangkal paham-paham yang tidak sejalan yang notabene mengganggu ketertiban maupun paham-paham yang mengatasnamakan agama tapi tidak sesuai,” ungkap Wali kota.

Wali kota mengatakan seharusnya kita sebagai umat Islam dapat mencontoh perilaku dan perbuatan Nabi Muhammad SAW yang dimana akhlak beliau sangatlah santun dan luar biasa terhadap sesama.

“Bayangkan Beliau (Nabi Muhammad) yang sudah diludahi dan diapapun itu, beliau tidak ada sedikitpun niat untuk membalasnya. Justru beliau menjenguk pelakunya saat sakit,” katanya.

Menurut Wali kota, apa yang dilakukannya selama ini adalah menangkal paham-paham radikal yang betul-betul berkedok agama, sehingga apabila dibiarkan itu sangatlah berbahaya.

“Coba kita amati beberapa tahun lalu, sering terjadi perkelahian anak-anak muda antar kelurahan di kota Palu. Kalau mau ditanya mereka apa yang menyebabkan itu, mereka pun sebenarnya tidak tahu,” lanjutnya.

Itulah sebabnya, katanya perlunya memperkuat Satgas K5 dan Lembaga Adat untuk menjaga nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Kaili yaitu nilai kekeluargaan, toleransi, dan kegotongroyongan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top