Kapal Untuk Nelayan Diserahkan Bupati Kasman Lassa

foto Bupati Donggala Drs.H.Kanjeng Ario Kasman Lassa, SH dikerumuni warga nelayaan didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan Donggala Ir.H.Ali Assegaf, M.Si. foto dok Heru/Portalsulawesi.com)
0

Bang Doel (deadline-news.com) –Donggala- Lima Belas Unit Kapal dengan Berbagai Ukuran diserah terimakan oleh Bupati Donggala Kasman Lassa ,Minggu (5/3) di pesisir Pantai Desa Kavaya Kecamatan Sindue, Kapal penangkap ikan ini merupakan Kapal fiberglass yang di danai oleh APBN tahun 2016.

Kapal yang diperuntukkan kepada Nelayan melalui Kelompok Nelayan diharapkan dapat membantu para Nelayan dalam kegiatan Penangkapan Ikan , Hal ini erat kaitannya dengan Kondisi Geografis Kabupaten Donggala yang memiliki Area pesisir Pantai terluas di Propinsi Sulawesi Tengah.

Bupati Donggala, Kasman Lassa yang di damping Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Donggala Ali Assegaf Mengatakan pemberian Bantuan Kapal Tangkap ini adalah bentuk perhatian dan kesungguhan pemerintah Kabupaten Donggala untuk mendukung para Pahlawan Protein ini meningkatkan penghasilannya,sehingga Nelayan Kabupaten Donggala kedepan dapat menjadi Nelayan Modern .

“ Pemberian Bantuan Kapal ini adalah support Pemerintah Khususnya Pemda Donggala terhadap Para Nelayan di Kabupaten Donggala, saya punya warga mayoritas Nelayan dan harus di dukung dan diberdayakan,Jumlah Nelayan Donggala sekitar 2700 orang tersebar di 120 Desa Nelayan dengan jumlah desa pesisir 73 Desa “ Pungkas Bupati Donggala.

Kadis Perikanan dan Kelautan Donggala,Ali Assegaf menguraikan kapal-kapal yang diadakan yaitu 32 GT sebanyak dua unit sebagai alat tangkap bubu lipat rajungan yang diserahkan di Desa Ogoamas II Kecamatan Sojol Utara diterima oleh Koperasi Nelayan Anugerah Perintis.

Kapal kapasitas 20 GT sebanyak dua unit diserahkan kepada nelayan lewat koperasi nelayan Samudera Sabang, Desa Batusuya Kecamatan Sindue Tambusabora dan kapasitas 20 GT tiga unit diserahkan kepada nelayan di Desa Sabang Kecamatan Dampelas.

Selanjutnya dia mengatakan Pemkab Donggala lewat pihaknya juga menyerahkan kapal kapasitas 10 GT 6 unit untuk nelayan Desa Malei Kecamatan Tanjung Balaesang yang dikelola oleh Koperasi Mina.

Lebih Lanjut kata Kadis , kapal kapasitas 5 GT sebanyak 8 unit diperuntukan untuk Desa Ogoamas II Kecamatan Sojol Utara lewat Koperasi Buana Laut, dan kapal kapasitas 10 GT dua unit untuk nelayan di Kelurahan Labuan Bajo Kecamatan Banawa diterima oleh Koperasi Maulana.

“Kapal yang diadakan mulai dari kapasitas 5 GT, 10 GT, 20 GT dan 30 GT. Saat ini baru 11 kapal yang tiba di Donggala dan empat lainnya masih dalam perjalanan menuju Donggala,” urainya.

Kasman Lassa Berpesan, Dengan Diserahkannya 11 kapal dari 15 Unit Kapal yang di rencanakan oleh Pemda Donggala untuk berikan kepada Nelayan Melalui Kelompok Koperasi Nelayan maka Nelayan harus mampu meningkatkan Hasil Tangkap agar bisa merubah Hidup menuju Nelayan Sejatera. (portalsulawesi.com).***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: