Kades Siatu, Pemekaran Kepulauan Togean Harga Mati

0

 

Syamsul Bahri M. Kasim (deadline-news. com) – Tounasulteng – Kepulauan Togean terletak di tengah teluk tomini, dengan kekayaan alam yang sangat melimpah.

Banyak kalangan mendukung pemekaran Kabupaten Pulau Togean itu, baik itu elit politik maupun Pegawai Negri Sipil yang menduduki jabatan strategis penting di Tojo Una-Una.

Termasuk diantaranya kalangan para Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Touna mengakui bahwa penyumbang PAD terbesar untuk Touna diantaranya Kepulauan Togean.

Terkait hal itu, Kepala Desa Siatu Mohamad Ali saat ditemui Jurnalis media ini di kontrakannya di Ampana pada Kamis (11/3-2021), mengatakan, kami mendukung pemekaran Kepulauan Togean.

“Sebab sudah sangat siap dan layak untuk dimekarkan. Apalagi sumber penunjangnya sangat jelas, yakni potensi perikanan kelautan, pertanian perkebunan, dan terutama pariwisatanya,” ujarnya.

Selain itu kata Kades Mohamad Ali, sumber pendukung lainnya yakni Sumber Daya Manusia (SDM), sudah tak perlu diragukan lagi, kita suda sama melihat.

“Bahwa orang pulau begitu banyak yang menduduki jabatan strategis penting di Touna ini, belum lagi yang menjabat Bupati pertama dua periode dan wakil Bupati yang baru berahir masa jabatannya yang lalu dijabat oleh orang kepulauan,”tuturnya.

Kata dia dengan begitu, kepulauan togean sudah harus dimekarkan dan pemekaran bagi kami yaitu harga mati.

Olehnya itu ia mengajak kepada seluruh para kepala desa baik yang ada diwilayah kepulauan di 59 Desa maupun yang ada didaratan ini.

“Mari kita bergandengan tangan untuk saling mendukung upaya dalam perjuangan menuju Kepulauan Togean menjadi Kabupaten,” pintanya.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: