Irigasi Paku Sudah Banyak Yang Bocor

foto tebing sungai bendungan Paku Kecamatan Binuang Kab.Polman Prov Sulbar sudah hampir habis digerus air. selian itu irigasinya sudah banyak yang bocor. foto Bang Doel/deadline-news.com
0

“Sekitar 1500 meter Perlu Direhab”

tiang pondasi pintu air bendungan Paku yang sudah mulai retak dan rusak. foto Bang Doel/deadline-news.com

Bang Doel (deadline-news.com)-Pakupolman-Seiring dengan bertambahnya areal persawahan di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Provinsi Sulawesi Barat mengakibatkan debet air dari Bendungan Paku sudah tidak mencukupi.

Apalagi irigasi Paku sudah mulai banyak yang bocor. Mulai dari titik nol Bendungan, saluran airnya bocor, betonnya sudah banyak yang patah. Bahkan hancur. Bukan itu saja, tapi tebing sungai Irigasi Bendungan Paku itu sudah runtuh akibat tergerus air.

Sehingga sangat rawan amblas, rubuh dan longsor. Demikian dikatakan Papa Iqra penjaga bendung Paku Polman menjawab deadline-news.com Selasa (3/7-2018).

Menurutnya ada sekitar 1500 meter irigasi Paku perlu direhab. Karena sudah banyak yang bocor, sehingga air yang masuk ke irigasi Paku sudah berkurang. Masyarakat petani Paku rela tidak turun sawah selama 1 panen, jika memang pemerintah melalui balai wilayah sungai Sulawesi (BWSS) III melakukan rehab total irigasi Paku tersebut.

“Masyarakat petani minta agar 1500 meter irigasi Paku direhab total, mulai dari titik nol pintu Intake Bendungan sampai dilokasi yang paling parah. Kami rela tidak turun sawah selama 1 panen, jika memang pemerintah bersedia merehabnya,”ujar Papa Iqra menirukan pernyataan masyarakat petani.

Kepala Balai wilayah sungai Sulawesi (BWSS) III Yusuf Tambing yang dikonfirmasi via chat di whatsappnya tidak memberikan jawaban. Begitupun dengan Kasatker OP I Wayan Karnaya tidak memberikan jawaban dari pertanyaan deadline-news.com via chat whatsAppnya. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: