Ini 8 Tips Aman Belanja di Supermarket Selama Pandemi Corona

0

 

Andi Attas Abdullah (deadline-news.com)-Jakarta-Selama masa pandemi Covid, banyak aktivitas manusia yang berubah. Jika sebelumnya bebas melakukan berbagai aktivitas, kini hal tersebut mulai dibatasi untuk mencegah menyebarnya virus corona lebih luas.

Termasuk salah satunya adalah belanja di Supermarket. Untuk melakukan kegiatan belanja, tips aman belanja di supermarket pun harus diterapkan dengan ketat.

Mengingat tempat ini banyak dikunjungi orang sehingga potensi adanya virus pun semakin besar.

Bahkan untuk menghindari adanya virus ini, pihak supermarket pun mengadakan program belanja online agar orang-orang tetap bisa berbelanja tanpa harus bertemu banyak orang di supermarket.

8 Tips Aman Belanja di Supermarket Selama Corona Saat pandemi melanda seperti sekarang ini, masyarakat memang disarankan untuk karantina di rumah dan meminimalisir kontak dengan orang lain. Hal ini bertujuan mencegah penyebaran virus agar tidak semakin mengganas.

Aktivitas berbelanja, baik itu supermarket, pasar, minimarket atau tempat lainnya juga mengalami pembatasan.

Bukan tidak diizinkan untuk belanja, tapi disarankan lebih berhati-hati dan tidak terlalu sering berbelanja di tempat keramaian.

Untuk menjaga keamanan dan kesehatan, apabila Anda benar-benar butuh aktivitas belanja di supermarket, sebaiknya perhatikan tips aman belanja yang tertera di bawah ini;

  1. Pilih Waktu Belanja yang Aman dari Risiko

Berkontak dengan Banyak Orang
Cara penularan virus corona yang paling cepat adalah melalui kontak dari orang ke orang. Untuk itulah tips aman belanja di minimarket lebih banyak menyarankan untuk tidak belanja pada saat jam sibuk. Sebaiknya memilih waktu belanja pada ketika supermarket baru saja melakukan aktivitas.

Keuntungan belanja pada waktu ini adalah jaminan kebersihan supermarket atau minimarket lebih besar karena baru saja dibersihkan dan minim orang yang datang. Selain itu, penting untuk Anda perhatikan bahwa yang paling baik adalah belanja hanya di satu tempat saja.

  1. Pastikan Anda Dalam Keadaan Sehat

Sebelum memutuskan untuk keluar rumah dan pergi belanja, jangan mengabaian kondisi kesehatan diri sendiri.

Pastikan pada saat itu, kondisi Anda benar-benar sehat sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Jangan pernah memaksakan diri apalagi sampai merugikan orang lain.

  1. Buat Daftar Belanja Agar Tidak Memakan Waktu

Selanjutnya, tips aman berbelanja di supermarket yang harus Anda perhatikan tentang catatan belanja yang dibuat. Sebisa mungkin sebelum pergi belanja ke supermarket daftar barang apa saja yang akan dibeli telah tercatat dengan rapi dan tidak ada yang tertinggal.

Tujuannya adalah untuk menghemat waktu selama di Supermarket hingga tidak perlu lama-lama kontak dengan orang lain. Hindari berbelanja barang yang tidak terlalu dibutuhkan, selain untuk menghemat juga agar lebih cepat dan efisien.

  1. Hindari Membayar dengan Uang Tunai

Tidak hanya berkontak dengan orang lain yang berpotensi menularkan virus corona, uang juga menjadi salah satu media penularan covid-19 yang ampuh. Oleh karena itu, saat belanja di supermarket sebaiknya membayar setiap transaksi menggunakan uang elektronik.

Saat ini banyak aplikasi keuangan yang dapat dijadikan alternatif pembayaran saat melakukan transaksi melalui internet banking atau dompet digital

  1. Jangan Lupa Pakai Masker dan Bawa Hand Sanitizer

Tips aman belanja di supermarket bisa mengupayakan banyak hal. Misalnya dari pihak supermarket yang menerapkan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung yang datang, memberi batas physical distancing dan membersihkan permukaan benda yang sering disentuh.

Sedangkan dari pihak Anda bisa melakukan upaya lain misalnya wajib menggunakan masker yang aman, membawa hand sanitizer sendiri dan tisu basah antiseptik. Tujuannya tentu saja meminimalisir penularan virus corona yang mungkin tidak disadari tengah mengancam sekitar Anda.

  1. Bersih-Bersih Sesampainya di Rumah

Selesai melakukan aktivitas belanja di supermarket, setiba di rumah segera letakkan kantong belanja Anda dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Bersihkan seluruh barang belanjaan dengan antiseptik untuk menghilangkan kuman atau virus yang menempel. Lalu taruh sesuai dengan tempatnya.

Bersih-bersih tidak hanya berlaku untuk barang belanjaan saja, Anda pun harus melakukan yang sama. Sebaiknya ketika sampai di rumah segera membersihkan diri dengan ganti baju dan mandi hingga bersih.

  1. Jaga Jarak dengan Pengunjung
    Minimal 1 Meter

Anda pastinya tidak bisa mengontrol dengan siapa saja akan bertemu di tempat umum seperti supermarket. Untuk menghindari penularan virus covid-19 ini lakukan jaga jarak minimal 1 meter dengan pengunjung lainnya selama di supermarket. Bukan hanya saat mengambil barang, tapi juga saat melakukan antrian pembayaran di kasir.

8. Bawa Kantong Belanja Sendiri

Tips aman belanja di minimarket bisa dimulai dari membawa kantong belanja sendiri dari rumah. Misalnya saja membawa tote bag. Bisa juga menggunakan plastik atau kantong belanja lainnya. Jika kantong tersebut bersifat sekali pakai, sebaiknya setelah belanja Anda langsung membuangnya.

Namun, jika dapat digunakan kembali seperti tote bag segera cuci kembali dengan sabun dan air mengalir untuk menghilangkan virus yang mungkin menempel. Jangan lupa untuk kembali mencuci tangan Anda dengan sabun setelahnya.

Belanja di supermarket selama corona lebih banyak disarankan untuk membawa tote bag sendiri dari rumah karena lebih aman, hemat dan tidak menimbulkan banyak limbah. Jika Anda tidak memiliki banyak tote bag, bisa membeli berbagai macam tas ini di marketplace atau tempat lainnya. Misalnya saja belanja tote bag di Blibli.com.

Marketplace satu ini memang terkenal sebagai tempat belanja online yang menyediakan banyak kebutuhan rumah tangga termasuk tote bag ini. Dengan berbagai ukuran, jenis kain dan motif.

Anda pun dapat membelinya lebih dari satu sebagai upaya tips aman belanja di supermarket jika memungkinkan karena harga tote bag di Blibli.com sangat terjangkau.

Cepat proses pengirimannya dan barang jelas berkualitas. Jadi, tunggu apalagi? Segera pesan aneka tote bag di Blibli sekarang juga.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: