IJK Diminta Komitmennya Perkuat Sektor Ril

Dr.Supratman Agtas, SH, MH (kanan) bersama anggota Komisi VII DPR RI saat berkunjung ke Makassar. (dok ant)
0

Palu, (Deadline News/koranpedoman.com) – Ketua Badan Legislasi DPR Supratman Andi Agtas meminta industri jasa keuangan menguatkan komitmennya secara bersama untuk untuk membiayai sektor ril guna menumbuhkan ekonomi di daerah sehingga dapat menekan ketimpangan ekonomi di masyarakat.

“Diperlukan komitmen bersama untuk menumbuhkan ekonomi di daerah,” kata Supratman dalam dialog bersama Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan di Palu, Senin malam.

Dialog yang diiniasi OJK Sulawesi Tengah tersebut sekaligus menjadi ajang serap masukan dari para pelaku industri jasa keuangan untuk revisi Undang-Undang Otoritas Jasa Keuangan dan Perbankan.

Turut hadir sebagai pembicara Kepala OJK Sulawesi Tengah Syukri A Yunus, Dirut Bank Sulteng Rahmat Abd Haris dan Kepala BRI Cabang Palu Romdon Dwi Prihantono.

Supratman mengatakan piramida ekonomi di daerah saat ini masih timpang karena penguasaan modal dan akses terhadap jasa keuangan masih dikuasai segelintir orang.

“Bagaimana kewenangan OJK bisa mengatur ini,” katanya.

Supratman juga menyorot terhadap kinerja perbankan yang masih dominan membiayai korporasi sementara sektor ril khususnya pertanian relatif rendah padahal potensi di sektor tersebut cukup besar.

“Makanya bagaimana bank bisa lebih afirmatif terhadap UMKM,” katanya.

Dia berharap fasilitas pembiayaan oleh bank-bank besar dapat memberikan pembiayaan yang lebih murah terhadap usaha-usaha di sektor pertanian.

Menurut politisi Partai Gerindra itu, perlu langkah konkret untuk menjadikan proyek percontohan desa mandiri pangan dan energi yang sumber pembiayaannya didukung oleh industri jasa keuangan.

Dia mengatakan sudah ada beberapa BUMN yang siap mendukung langkah tersebut namun perlu dukungan dari industri jasa keuangan. (ant).***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: