Hj.Alwiaty,SH Gantikan Lukman Said Jadi Ketua DPRD Pasangkayu

foto Ketua PN Pasangkayu IG Aryanta, SH mengambil sumpah dan janji 30 anggota DPRD Pasangkayu periode 2019-2024. foto Bang Doel/deadline-news.com
0

“APBD Pasangkayu Baru Rp,827 M tahun 2019 Ini”

foto juara bertahan Andi Enong (Demokrat). Karma (Nasdem). foto Bang Doel/deadline-news.com
foto Bupati dan Wakil Bupati, Agus Ambo Djiwa-MH.Saal Ketua PN Pasangkayu IG Aryanta, SH, Lukman Said, Yaumil RM Ambo Djiwa dan Musawir Azis Hisyam. foto bang Doel/deadline-news.com
foto Forkompinda Pasangkayu pada acara pengambilan sumpa dan janji 30 anggota DPRD pasangkayu. foto bang Doel/deadline-news.com
foto anggota DPRD Pasangkayu pada suasana pengucapan sumpah dan janji. foto bang Doel/deadline-news.com

 

Bang Doel (deadline-news.com)-Pasangkayusulbar-Hari itu Selasa (27/8-2019), merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Pasangkayu yang berumur belasan tahun itu (16 tahun-red), sejak berdiri 2003 silam. Bagaimana tidak, dalam perjalanannya menuju usia remaja, Kabupaten Pasangkayu mendapatkan seorang tokoh politik wanita yang duduk memimpin lembaga parlemen.

Adalah Hj.Alwiaty,SH politisi perempuan muda, asal partai Hanura ini, dipercayakan oleh rakyat Pasangkayu menjadi ketua DPRD menggantikan H.Lukman Said, SPd, M.Si setelah melalui kontestasi politik pada Pemilihan Umum Legislatif 17 April 2019 silam.

Lukman Said yang merupakan ketua DPC PDIP Pasangkayu terpental kebawah menjadi anggota biasa di DPRD Pasangkayu, setelah perolehan kursinya hanya 3 pada pileg 2019 yang baru lalu. Padahal sebelumnya meirah 5 kursi. Sedangkan Partai Hanura yang diketua Wakil Bupati Drs.HM.Saal melaju dari perolehan hanya 3 kursi pada pileg 2014-2019 menjadi 6 kursi di Pileg 2019-2024.

Sementara Partai Golkar yang dikomandai H.Yaumil RM Ambo Djiwa, SH meraih 5 kursi. Dengan demikian tergambar bahwa ada pendukung dan pemilih militan Yaumil RM Ambo Djiwa yang terpelihara dengan baik. Sehingga mampu menjadi juara bertahan pada posisi kedua besar setelah rivalnya Partai Hanura berada pada posisi pertama dengan perolehan 6 kursi.

Yaumil dan Agus merupakan saudara kandung yang menjadi tokoh pejuang pemekaran kabupaten Mamuju Utara yang kini telah berubah nama Kabupaten Pasangkayu.

Tahun 2020 Pemilihan Kepala Daerah serentak, termasuk Kabupaten Pasangkayu. Adalah Yaumil RM Ambo Djiwa, SH salah satu tokoh pemekaran dan politisi partai Golkar yang digadang-gadang akan maju Pilkada Serentak 2020 pasca Agus Ambo Djiwa.

Secara kekuatan kendaraan politik Yaumil tinggal menambah 1 kursi lagi untuk diusung pada Pilkada 2020 di Pasangkayu. Sedangkan rival politiknya HM.Saal yang merupakan ketua Partai Hanura yang notabene petahana dengan perolehan 6 kursi, sudah cukup melenggang menuju pencalona Kepala daerah Pasangkayu 2020.

Ketua DPRD Pasangkayu H.Lukman Said saat sebelum mengakhiri masa jabatannya yang digantikan Hj.Alwiaty,SH memberi pujian kepada Agus-Yaumil Ambo Djiwa bersaudara.

“Dari tiada menjadi ada berkat perjuangan Yaumil Ambo Djiwa dan Agus Ambo Djiwa. Perlu kita syukuri, karena berkat perjuangan mereka bersama tokoh lainnya, sehingga Kabupaten Mamuju Utara yang sekarang menjadi Kabupaten Pasangkayu ini terbentuk. Barang siapa yang tidak mensyukuri Ni’mat Allah ini, maka dia akan diberi azab,”kata Lukman berapi-api.

Adalah Ketua DPRD Pasangkayu, Lukman Said dan didampingi Wakil Ketua DPRD Pasangkayu, Yaumil RM Ambo Djiwa, SH dan Musawir Azis Isham, yang memimpin jalannya sidang paripurna pengambilan sumpa dan janji 30 anggota DPRD Pasangkayu masa bakti 2019-2024.

Bupai Pasangkayu Ir.H.Agus Ambo Djiwa,MP, Wakil Bupati Drs.HM.Saal, Dandim 1427/Pasangkayu Letkol Inf Kadir Tangdiesakh, Kapolres Mamuju Utara (Matra) AKBP I Made Ary Pradhana, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pasangkayu IG Aryanta, Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad, Ketua Bawaslu Pasangkayu Ardi Trisandi, Sekda Pasangkayu Firman, Anggota DPRD Pasangkayu periode 2014-2019, dan Anggota DPRD Pasangkayu periode 2019-2024 beserta keluarganya, para Kepala OPD lingkup Pemkab Pasangkayu hadir pada acara tersebut.

Dalam orasi politiknya sesaat sebelum menyerahkan tampuk kepemimpinan di DPRD Pasangkayui, Lukman Said menegaskan dari tahun ke tahun anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) mengalami peningkatan secara signifikan. Namun begitu APBD 2019 mengalami stagnan dengan besaran baru mencapai Rp,827 miliyar di tahun 2019 Ini.

Adalah ketua Pengadilan Negeri Pasangkayu IG Aryanta, SH mengambil sumpah dan janji 30 anggota DPRD Pasangkayu 2019-2024 itu.

Berikut nama-nama 30 anggota DPRD Pasangkayu yang diambil sumpah dan janjinya:

  1. PKB : Lubis (Dapil 4)

  2. Partai Gerindra :
    a). Arwi (Dapil 1)
    b). Hamzah (Dapil 3)
    c). Misrad Abdul Karim (Dapil 4)

  3. PDIP :
    a). Nurlatif (Dapil 1)
    b). Lukman Said (Dapil 2)
    c). I Putu Suardana (Dapil 4)

  4. Partai Golkar :
    a). Yaumil Ambo Djiwa (Dapil 1)
    b). Saifuddin Andi Baso (Dapil 1)
    c). Mahmud (Dapil 2)
    d). Irfandi (Dapil 3)
    e). Mansur Majid (Dapil 4)

  5. Partai Nasdem :
    a). Jurana (Dapil 1)
    b). Syukur (Dapil 3)
    c). Karma (Dapil 4)

  6. PKS : Nasruddin (Dapil 2)

  7. Partai Perindo :
    a). Yani Pepi Adriani (Dapil 1)
    b). Abdul Muis (Dapil 2)
    c). Rio Atma Putra (Dapil 3)

  8. PPP:Herman Yunus (Dapil 1)

  9. PAN :
    a). Muslihat Kamaluddin (Dapil 1)
    b). Adi Kadir (Dapil 2)

  10. Partai Hanura :
    a). Andi Muh Yusup (Dapil 1)
    b). Alimuddin (Dapil 1)
    c). Alwiaty (Dapil 2)
    d). Abdul Azis Kulla (Dapil 3)
    e). Mirwan (Dapil 3)
    f). Syamsur Faisal (Dapil 4)

  11. Partai Demorkat :
    a). Andi Enong (Dapil 1)
    b). Musawir Azis Isham (Dapil 4). Sumber Sekwan DPRD Pasangkayu. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: