Hidayat : Kesehatan Masyarakat Kota Palu Menjadi Prioritas

foto Walikota Palu Drs.Hidayat, M.Si bersama Wakil Walikota Sigit Purnomo Said saat memberikan keterangan Pers. foto Humas/deadline-news.com
0

 

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng-Wali kota Palu,Drs. Hidayat, M.Si menyatakan kesehatan masyarakat kota Palu secara umum menjadi prioritas dalam mengambil langkah-langkah pencegahan dan penanganan Covid-19 di kota Palu.

“Tentunya harapan kita kesehatan masyarakat kota Palu secara umum menjadi prioritas kita. Tidak ada niat lain selain bagaimana masyarakat kota Palu tenang,” ungkapnya saat Press Conference di Posko Induk Satgas Pemantauan dan Pengendalian Penyebaran Covid-19 Baruga Lapangan Vatulemo Minggu (12/4-2020).

Oleh karena itu, Wali kota mengharapkan masyarakat pendatang maupun yang berasal dari kota Palu betul-betul sabar dalam mengikuti proses pemeriksaan kesehatan di Pos Lapangan pintu masuk kota Palu.

“Warga nantinya yang akan ditahan di pintu-pintu masuk betul-betul sabar. Tidak menimbulkan reaksi-reaksi yang memicu kegaduhan di tengah-tengah pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Wali kota menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak TNI maupun Polri agar siapapun yang mengganggu ketertiban dan keamanan selama jalannya pemeriksaan, akan diambil langkah tegas.

“Karena satu orang yang membuat kegaduhan, akan mengganggu kesehatan masyarakat secara umum,” lanjutnya.

Menurut Wali kota berdasarkan hasil peninjauan langsung di lapangan, pos-pos lapangan yang ditempatkan di jalur-jalur pintu masuk kota Palu, kesiapannya secara umum sudah maksimal.

Pos-pos yang dimaksud ini di tempatkan di enam titik antara lain yakni bandara, pelabuhan Pantoloan, pelabuhan penyebrangan Taipa, kecamatan Tawaeli, kelurahan Pantoloan, dan kelurahan Watusampu.

Namun demikian, kata Wali kota Pemerintah kota Palu akan melakukan evaluasi-evaluasi setiap harinya terhadap jalannya pemeriksaan yang ada di pos-pos tersebut.

“Ada dua yang akan kita periksa yaitu pemeriksaan kesehatan masyarakat dan pemeriksaan Barang Kebutuhan Pokok dan Kebutuhan Penting (BAPOKTING),” paparnya.

Berkaitan dengan BAPOKTING, Wali kota mengimbau agar para agen mendistribusikan barang-barangnya kepada orang-orang yang bertanggungjawab, bukan kepada orang-orang yang suka menimbun-menimbun dan tidak menjual harga barang terlalu tinggi.

“Kita ingin semua elemen betul-betul berjalan dengan baik. Sehingga keamanan dan ketertiban di kota Palu bisa kita atasi bersama. Kalau tidak bisa kita atasi bersama, pasti keamanan dan ketertiban akan terganggu,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Wali kota mengingatkan masyarakat agar jangan takut dan khawatir secara berlebihan dalam menghadapi Covid-19 ini karena akan mengakibatkan imun dalam tubuh lemah sehingga virus dalam tubuh akan bereaksi secara cepat.

“Jangan takut dan khawatir secara berlebihan. Tapi waspada itu penting. Sering pakai masker dan cuci tangan. Kalau merasa ragu setelah pegang sesuatu, langsung cuci tangan. Semoga kerjasama Pemerintah dan semua elemen masyarakat semakin menekan angka Covid-19 di kota Palu,” tandasnya.

Press Conference kali ini, Wali kota didampingi langsung oleh Wakil Wali kota Palu, Sigit Purnomo, S.AP, Sekretaris Daerah kota Palu, H. Asri, SH, Ketua Tim Surveillance kota Palu, dr. Rochmat Jasin, dan Kabag Humas dan Protokol Setda kota Palu, Goenawan,S.STP. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: