Gubernut Cudy Sebut Eksport Komoditas Sulteng Capai Rp,9,6 M

0

 

Antasena (deadline-news.com)-Palusulteng-Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura didampingi Kadis Pertanian dan Holtikultura Ir. Trie Lamakampali, MM, mengikuti secara Virtual Kegiatan Merdeka Eksport yang dilaksanakan Menteri Pertanian dan dibuka Presiden RI Ir. Joko Widodo Sabtu (14/8-2021).

Acara itu dihadiri Gubernur, Bupati yang melakukan Eksport pada kegiatan Merdeka Eksport dan Duta Besar Indonesia dan Duta Besar Negara sahabat dengan tujuan Eksport hasil produksi pertanian.

Presiden RI Ir. Joko Widodo, melaksanakan Pelepasan Ekpor Hasil Pertanian dari 17 Pelabuhan di Indonesia yang dilakukan secara Virtual dari Istana Bogor .

Menteri Pertanian Sahrul Yasin Lompo menyampaikan bahwa kegiatan merdeka Ekspor untuk mendorong Investasi Pertanian dan mempercepat ekspor hasil pertanian di seluruh indonesia.

Menteri pertanian menyampaikan bahwa Nilai Eksport Hasil Pertanian tahun 2020 mencapai Rp, 451,77 triliun (T) dan pada bulan januari sampai bulan juni tahun 2021 sudah mencapai Rp,282,95 T  dan melalui kegiatan kegiatan Merdeka Eksport  yang dilakukan melalui 17 Pelabuhan mencapai Nilai Rp,7,2 T.

Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo meminta agar seluruh  Gubernur mendorong potensi hasil pertanian masyarakat untuk dilakukan eksport disampaikan potensinya kepada Kementerian Pertanian untuk dicari negara tujuan Ekspornya.

Presiden RI Joko Widodo sebelum melakukan pencanangan Merdeka Eksport hasil Pertanian, mengapresi terobosan dari kementrian pertanian.

Masyarakat Petani dimasa pendemi covid ini masih dapat meningkatkan produksinya. Presiden juga menyampaikan apresiasi atas peningkatan NTP yang saat ini sudah mencapai 103,59%.

Presiden RI mendorong Produksi dan Hilirisasi hasil pertanian, sehingga memiliki nilai tambah dan terus mengembangkan pasar Luar Negeri dan Pasar Dalam Negeri.

Pada kesempatan itu Presiden RI Joko Widodo melepas Eksport Komoditas pertanian dari 17 provinsi ini sengan total senilai Rp,7,29 triliun dengan tujuan 61 negara.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, menyampaikan untuk kegiatan Merdeka Eksport Tahun 2021 Sulteng Ekspor Komoditas Pertanian Senilai Rp,9,6 Miliar dengan komoditas yang tercatat di sistem IQFAST Barantan periode tanggal 1 hingga 13 agustus 2021.

Komoditas Pertanian yang dilepas hari ini (14/8-2021) yakni serabut kelapa, kelapa bulat, coconut water concentrate, coconut oil, dessicated coconut, pala biji, dan lada biji dengan tujuan negara Tiongkok, Vietnam, Srilanka, dan Amerika Serikat, melalui 3 Pelabuhan yakni, Pelabuhan Palu, Ampanan dan Pelabuhan Banggai.

Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan dengan terbukanya pasar Ekspor yang begitu luas terhadap hasil Pertanian, maka perhatian Gubernur kedepan akan ditingkatkan pada sektor pertanian.

“Sulawesi Tengah memiliki potensi Pertanian yang sangat besar, seperti Porang, Kedelai, Beras, Kopi, Durian, Kelapa dan Coklat,”sebut gubernur Cudy.

Menurutnya luas areal pertanian di Sulteng sangat besar, kita akan membangun Infrastruktur ke kantong – kantong produksi pertanian.

“Tahun 2022 saya berharap Sulteng akan eksport hasil pertanian yang lebih besar dan kita bangun hilirisasi hasil potensi pertanian kita, untuk meningkatkan NTP masyarakat petani di Sulteng,”jelas mantan walikota dua periode itu. (rilis Humprov Sulteng).***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: