Gelar Latpra OPS 2020, Polres Touna Libatkan 113 Personil

0

 

Syamsul Bahri M. Kasim (deadline-news.com) – Tounasulteng – Polres Kabupaten Tojo Una-Una menggelar latihan mantap praja (Latpra) OPS tahun 2020.

“Kegiatan itu digelar dalam rangka pengamanan pilkada tahun 2020,”jelas Waka Polres Touna.

Kegiatan itu berlangsung di Aula endra dharmalaksana mapolres Tojo Una-Una Jalan Merdeka Kelurahan Uemalingku Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo una-una Sulawesi Tengah Senin (31/8-2020).

Pada kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPU Touna Dirwan Syahputra, Ketua Bawaslu Abas, dan kapolsek sekabupaten Touna.

Wakapolres Touna Kompol Sulih Rudito dalam sambutannya mengatakan pada hari ini pihaknya melaksanakan latihan praoprasi mantap praja (latpra OPS)

“Pada kegiatan ini diikuti 113 personil anggota polres Touna. Dari ke 113 personil itu akan ditugaskan di TPS, pengawalan Ketua KPU, Ketua Bawaslu, pengwalan paslon Bupati dan wakil Bupati,” kata kapolres Sulih Rudito.

Wakapolres Sulih mengakui bahwa 113 personil itu masih kurang. Karena pengamanan Pilkada ini dibutuhkan 312 personil, sehingga kita masih kekurangan sekitar 200 personil lagi.

Olehnya itu katanya, kekurangannya itu pihaknya masih akan bermohon ke polda Sulteng.

Sementara ditempat yang sama, ketua Bawaslu Abas mengatakan, sesuai materi yang diberikan polres yakni lebih kepada penanganan pelanggaran pilkada.

Menurutnya, terkait penanganan pelanggaran dan mekanisme penangan pelanggaran harus satu jalan antara Bawaslu, polres dan kejaksaan.

“Sebab ketiga lembaga tersebut khusus untuk menangani pelanggaran pidana pemilu,” kata Ketua Bawaslu itu.

Ketua KPU Touna Dirwan Syahputra mengatakan, pada kegiatan itu KPU sebagai penyelenggara diundang untuk memberikan materi terkait tahapan, program dan jadwal pemilihan.

Ketua KPU Dirwan jug menilai, apa yang dalaksanakan oleh polres itu sangat baik, sehingga ia berharap sinergitas antar stakeholder terbina secara terus menerus.

Disadarinya bahwa pihaknya tak dapat berjalan sendiri, butuh kerjasama dengan stakeholder lainnya terutama polres untuk keamanan dan ketertiban selama penyelenggaraan pilkada itu.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: