GAPOKTAN PRIMA TANI DONDO SERAHKAN BIBIT JAGUNG Ke KELOMPOK TANI

Gopoktan Prima TNI Serahkan bantua Bibit Jagung. Foto Syamsul B.MK/DN
0

Syamsul Bahri M.Kasim (Deadline News/koranpedoman.com) -TOUNA – Koperasi Prima Tani Kelurahan Dondo serahkan bibit jagung tongkol dua kepada empat kelompok tani. pembagian tersebut dilakukan secara simbolis oleh perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Tojo Una-Una. kegiatan itu dilaksanakan pekan lalu. dalam kegiatan itu dihadiri oleh Ketua Gapoktan Prima Tani, Babinsa Kelurahan Dondo, yang dalam hal ini selaku mengawali proses pembagian bantuan dan para anggota kelompok tani binaan Gapoktan.
seperti yang di ungkap oleh Kepala Dinas Pertanian yang diwakili oleh Katon Kepala Bidang Tanaman Pangan. saat ditemui awak media ini usai memberikan sambutannya pekan lalu.
Dikatakannya, kalau cuaca tahun kemarin bisa berubah dan saat ini tahun 2016 cuaca sangat mendukung tentunya cuaca seperti ini sangat didambakan oleh bapak-bapak petani dan ini menjadi kesukuran kita semua sebab ini adalah rahmat dari sang pencipta.
Ia mengatakan. kesempatan ini kita gunakan semaksimal mungkin, jangan sampai kekuasaan yang diberikan ini kita abaikan begitu saja tentunya cuaca seperti ini ada juga yang mungkin bagi tanaman horti yang bedengnya tidak memenuhi syarat karna tidak mengikuti petunjuk, bisa saja pasti kendala utamanya tanaman hortinya akan menguning sebab kelebihan air. dan bagi petani jagung di daerah ini karena daerahnya berbatuan dan berpasir, pasti sangat gembira dalam hal pertumbuhan jagungnya. selain mengharapkan tada hujan, dikatakannya pihaknya memiliki alat tehnologi yang nanti kedepannya akan digunakan oleh petani melalui penyulu dan UPTD-UPTD di Daerah ini. sehingga ini dapat membantu kita semua, dan apa yang diharapkan oleh Pemerinta Daerah ini dapat tercapai dengan maksimal ungkapnya.
Dikatakannya, hari ini bapak Kepala Dinas mengikuti pertemuan, terkait dengan melonjaknya harga produksi petani, ia mencontohkan pada satu produksi yakni bawang. dan hal ini pihaknya telah memantau secara terus menerus. jika hal ini terjadi pada tanaman lainnya misalnya jagung. maka hal ini akan diupayakan, namun upaya tersebut apakah bibitnya akan ditambah atau tidak sebutnya.
Sebab kata dia, khusus tanaman jagung pihaknya telah menambah luasan arealnya menjadi 25 hektar. untuk kedepannya pihaknya telah berkoordinasi dengan penyuluh bahwa jika masih ada lagi kelompok ia berharap segera dimasukan lagi. sebab ia telah mengusulkan penambahan bibt melalui BPNP. dalam kesempatan ini, Ia berharap bagi petani jangan ada lagi yang menjual bibitnya, sebab upaya Pemerintah ini bertujuan untuk menambah penghasilan para petani imbuhnya ***.

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: