Dua Pasien C19 Meninggal Dunia di RSUD Mokopido Dimakamkan Keluarganya

0

 

Mahdi Rumi (deadline-news.com)-Tolitolisulteng-Dua orang pasien covid (C19) meninggal dunia di RSUD Mokopido Tolitoli Sulawesi Tengah.

Seorang meninggal pada hari Minggu (4/4-2021) dan Seorang lagi meninggal pada hari Senin (5/4-2021). Keduanya berjenis kelamin perempuan.

Kedua jenazah pasien covid19 ini terpaksa di kebumikan oleh pihak keluarga masing – masing di pekuburan umum.

Dan bukan lagi oleh petugas pemakaman covid19. Padahal diketahui sampai dengan saat ini belum ada pembubaran gugus tugas covid19 di kabupaten Tolitoli.

Direktur RSUD Mokopido Tolitoli dr.Danial sàat dikonfirmasi dikantornya membenarkan adanya 2 orang pasien covid yang meninggal dunia di ruang perawatan covid19.

“Benar ada 2 orang pasien covid19 yang meninggal dunia di RSUD Mokopido Tolitoli. Keduanya berjenis kelamin perempuan, yang satu dari desa Siapo kecamatan Baolan dan yang satunya lagi dari desa Naibua,”kata dr.Danial.

Ketika ditanyakan terkait pemakamannya, menurut dr. Danial pihaknya dari RSUD Mokopido sudah melaksanakan tugasnya berdasarkan protap covid19 yang ada, termasuk memandikan jenazah.

“Kalau yang meninggal dunia pasien covid19 beragama islam dan mensholatkannya sesuai syariat Islam. Begitupun agama lainnya diatur berdasarkan agamanya lalu dinaikkan ke anbulance sampai dipemakaman dan sampai disitu tugas kita dari pihak rumah sakit. Selanjutnya penguburannya dilakukan oleh tim covid dari damkar linmas,”jelas dr.Danial sembari menambahkan, namun untuk pemakamannya sendiri sudah bukan pihaknya yang menanganinya.

Sementara kedua jenazah pasien covid19 yang pemakamannya dilakukan sendiri oleh pihak keluarga pasien tanpa menggunakan APD lengkap sebagaimana layaknya pemakaman yang dilakukan oleh petugas pemakaman covid sebelumnya.

Kepala kesatuan polisi pamongpraja yang mempunyai kewenangan sebagai tim gugus tugas pemakaman pasien covid saat dihubungi via telepon genggamnya baru mengetahui hal ini, karena tidak mendapatkan laporan.

“Saya baru tau itu pak, itupun saya tau nanti bapak yang telepon sama saya,”ungkap kasat pol PP Samsu S.Ag sambil mengatakan pihakx akan mengecek kembali, nanti saya cek kembali pak,”ata Samsu.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: