DKP Donggala Bina Anak Muda Produksi Amplang Tuna

0

 

Bang Doel (deadline-news.com)-Donggalasulteng-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Donggala melakukan pembinaan terhadap anak muda kreatif untuk mengelola Ikan Tuna jadi Amplang.

Adalah Farid Haris Pacci anak muda usia 33 tahun itu, yang mendapatkan binaan dari DKP Donggala untuk mengolah dan memproduksi ikan Tuna kwalitas kelas satu menjadi Amplang.

“Bahan baku Amplang ini 90 persen Ikan Tuna dengan kwalitas paling bagus, kelas satu begitu,”kata Farid sambil memperlihatkan hasil produksi Amplang perdananya di ruangan Kepala Dinas DKP Donggala Ali Assegaf,S.IP,M.Si Senin (22/3-2021).

Menurutnya Amplang Tuna ini di produksi oleh Food 87, yang beralamat di Banawa jalan Haji Samauna 53 Kabupaten Donggala.

“Hari ini merupakan produksi perdana 22 Maret 2021. Dan inilah contoh produksinya yang kami perlihatkan ke Pak Kadis DKP Ali Assegaf selaku pembina,”jelas Farid.

Usaha Produksi makanan ringan (cemilan) ini berbahan dasar Ikan Tuna 99 persen, rasanya, gurih, Renyah, kriuk-kriuk, enak dan nikmat.

Produksi cemilan Amplang Tuna ini termasuk UMKM, karena dikelola dalam bidang usaha home indsutri.

Amplang ikan Tuna ini, dikemas dalam plastik 200 gram, dan siap di pasarkan baik secara lokal mapun, antar pulau, Nasional maupun Internasional, tergantung permintaan datangnya dari mana.

“Walau baru produksi, tapi sudah banyak permintaan. Lokal Donggala sendiri sudah ada permintaan yang akan dikirim ke Surabaya melalui orang perorang sebagai ole-ole cemilan khas ikan Tuna Donggala untuk keluarganya di Surabaya,”terang Farid.

Amplang ikan Tuna Khas Donggala ini di ban rool hanya Rp,35 ribu perkemasan ukuran 200 gram.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Donggala Ir.Ali Assegaf,M.Si mengatakan bangga dengan anak muda seperti Farid yang mau bekerja keras, sehingga pihak DKP membina dan membantunya baik dari sisi permodalan maupun peatihan keterampilan pembuatan Amplang Ikan Tuna ciri khas Donggala.

“Sebagai kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Donggala mewakili pemerintah daerah sangat Bangga dengan sosok anak muda seperti Farid yang mau bekerja keras, sehingga kita terus memberikan pembinaan dan bantuan fasilitas keterampilan,”tutur Ali. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: