Diguyur Hujan 1 Jam, Kota Tolitoli “Lumpuh”

kondiai Rumah warga yang tengah diterjang banjir (foto Mahdi Rumi/DN-KP)
0

Mahdi Rumi (Deadline News/koranpedoman.com)-Tolitoli- Hujan deras mengguyur kota toli2 pkl 10.30 pagi tdi membuat sejumlah ruas jalan dlm kota toli2 tergenang air banjir kiriman sungai tiweley dan sungai lemba. Derasnya hujan hanya dalam tempo satu (1) jam luapan air bercampur lumpur membuat lumpuh kota Tolitoli.
Tak luput sarana perkantoran , sarana pendidikan dan fasilitas umum lainnya jadi sasaran banjir. Kejadian seperti ini hampir setiap tahun melanda Tolitoli. Padahaal sejumlah drainase sudah dibangun pemerintah. Namun tak juga bisa menanggulangi banjir. Diduga banjir ini diperparah setelah sejumlah daerah resapan air sudah ditimbun dan dijadikan pemukiman.
Sehingga tdk ada daerah-daerah resapan yang bisa menampung kala hujan lebat turun. Kondisi terparah akibat banjir ini, terjadi di jalan Anoa Tuweley, dimana ratusan rumah yang letaknya dibantaran sungai itu rata akibat banjir. Warga terpaksa dievakuasi kerumah-rumah tetangga dan rumah keluarga yang tidak berdampak banjir.
Sampai ditayangkannya berita ini, belum diketahui berapa kerugian yang diakibatkan banjir terparah kali ini. Banjir surut secara perlahan – lahan karena saat banjir air laut sedang pasang dan bergelombang. Hujan deras yang disertai angin kencang ini mengakibatkan sejumalah perahu nelayan tenggelam. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: