Camat Masama Ajak Warga Ciptakan Kamtibmas

foto Camat Masama Kamaluddin Djano. foto Basir/deadline-news.com
0

IK Basir (deadline-news.com)-Banggaisultim- Pelaksanaan lebaran Idul Fitri, tinggal beberapa hari lagi, untuk itu Camat Masama Kamaluddin Djano mengajak seluruh warganya untuk menciptakan Keamanan, Ketertibam Masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya masing-masing. Bahkan Camat Masama bersama seluruh perangkat desa akan kembali menyiagakan poskamling demi terciptanya kamtibmas yang lebih baik lagi.

Kamaluddin Djano menjawab deadline-news.com Rabu (6/6/2018) mengatakan, menjaga situasi Kamtibmas tidak hanya menjadi tanggungjawan kepolisian, namun ada peran masyarakat yang mesti bahu membahu agar tidak ada gangguan Kamtibmas di wilayah masing-masing.

Untuk itu pemerintah kecamatan bersama pemerintah desa kembali akan mengaktifkan pertahanan sipil (Hansip) yang akan menempati poskamling di wilayah desa masing-masing. kendati berada di wilayah yang jauh dari perkotaan, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya sejumlah tindak pidana bahkan bisa saja wilayah yang dipimpinnya itu menjadi daerah pelarian pelaku kejahatan dan barang kejahatan.

“Kita antisipasi saja dengan mengaktifkan Hansip di Poskamling desa, saya sudah berkoordinasi dengan perangkat desa guna menciptakan situasi kamtibmas lebih aman dan kondusif, hal ini juga merupakan masukan dari pemerintah desa,” ungkapnya.

Secara teknis nantinya Hansip akan berada dibawah pembinaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di masing-masing desa, termasuk bagaimana pola koordinasinya dalam pelaksanaan tugas dalam menciptakan kamtibmas.

“Sejumlah desa bahkan sudah membuat poskamling yang dijaga warga setempat, mereka senantiasa berkoordinasi dengan bhabinkamtibmas dan babinsa sehingga ketika terjadi gangguan kamtibmas atau tindak pidana maka bisa langsung menghubungi petugas itu,” tambahnya.

Camat Masama menyadari betul pentingnya peran pertahanan sipil di masing-masing wilayah, karena menurutnya Poskamling yang sejak dahulu diberdayakan sangat efektif menangkal dan mengurangi terjadinya tindak pidana dan gangguan kamtibmas di suatu wilayah. Pastinya kata Kamaluddin Djano pelaku kejahatan akan berfikir untuk melakukan tindakan pidana jika suatu wilayah khususnya desa yang ada penjaganya. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: