Terpilih Aklamasi, Buyung dan Moh Fitrawan Presma – Wapresma Untad 2018

foto Presma dan Wapresma menunjukkan berita acara usai pemilihan secara aklamasi. foto Ist/deadline-news.com
0

foto berita acara hasil pemilihan Presma dan Wapresma Untad 2018. foto Ist/deadline-news.com

Bang Doel (deadline-news.com)-Palusulteng-Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa (Presma dan Wapresma) Universitas Tadulako (Untad) akhirnya terpilih secara aklamasi dan ditetapkan oleh Ketua Majelis Mahasiswa (MM) Untad, pada Senin (16/4-2018) sore, di Sekretariat BEM Untad.

Rio Saputra, Ketua MM Untad, dalam keterangannya menyampaikan bahwa Saudara Buyung dan Moh Fitrawan secara resmi telah ditetapkan menjadi Presma dan Wapresma Untad terpilih. Hal itu karena sampai batas akhir pendaftaran, hanya satu pasangan calon yang mendaftar, yaitu Buyung dan Moh Fitrawan.

Rio menyampaikan bahwa rencana Pemilu Raya sebenarnya sudah akan dilakukan sejak Februari 2018, tetapi selalu terkendala dengan dana saat akan diminta. Lebih lanjut, terkait dengan proses saat ini, dirinya bersama panitia telah turun langsung melakukan sosialisasi dan kunjungan ke setiap fakultas.

“Kami buka pendaftaran ini selama empat hari. Jadi seperti proses Pilkada, bahkan Pilkada pun hanya tiga hari. Dari waktu yang kami sediakan, hanya satu pasangan yang mendaftar, yaitu Buyung dan Moh Fitrawan, sebagai pasangan calon, yang masing-masing dari Fakultas Kehutanan dan FKIP,” ujar Rio Saputra.

Usai waktu pendaftaran tadi, panitia dan Majelis Mahasiswa langsung menggelar rapat pleno. Hasil rapat pleno menghasilkan keputusan bahwa Presma dan Wapresma telah memenuhi syarat dan layak ditetapkan sebagai Presma dan Wapresma Untad periode 2018. Hal itu juga karena Buyung dan Moh Fitrawan, ujar Rio, meraih dukungan mayoritas berupa rekomendasi dari UKM-UKM yang ada di Untad.

“Melalui pleno yang berlangsung secara kekeluargaan, muncul banyak saran dan pendapat, terutama agar Presma dan Wapresma dapat diaklamasi. Saran itu juga karena melihat bahwa saudara Buyung dan pasangannya mendapatkan 11 rekomendasi dari 16 UKM yang ada. Sementara, rekomendasi dari BEM tidak kami persyaratkan berdasarkan hasil rapat dengan panitia karena masih ada beberapa fakultas yang BEM-nya belum dilantik, bahkan ada yang belum lakukan pemilihan BEM,” kata Rio Saputra.

Ketua MM juga menjelaskan bahwa berita acara telah ditandatangani dan ditetapkan. Sore tadi juga dirinya telah mengirimkan Surat Permohonan kepada Pimpinan Untad agar Buyung dan Moh Fitrawan dapat diterbitkan surat keputusan serta dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Untad.

“Sore tadi kami langsung menyurat dengan melampirkan berita acara penetapan dan berkas pendaftaran saudara Buyung dan Moh Fitrawan. Semoga setelah diterbitkan SK dan dilantik nanti, Presma dan Wapresma Untad dapat langsung bekerja menunaikan tugasnya, dan terus bersinergi dengan lembaga kemahasiswaan dan UKM-UKM yang ada, serta tentu saja dengan seluruh mahasiswa Untad,” kata Rio Saputra.

Saat media ini menghubungi Rektor Untad, Prof Dr Ir H Muh Basir Cyio SE MS melalui pesan singkat, Rektor menyampaikan bahwa dirinya saat ini sedang mengikuti rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) dalam rangka penetapan hasil SNMPTN, yang besok, Rabu (17/4) sore akan diumumkan. Secara singkat, Prof Basir Cyio menjelaskan bahwa jika surat itu sudah dikirim sore tadi, mungkin saja telah sampai di meja sekretaris.

Rektor juga mengapresiasi proses aklamasi Presma dan Wapresma Untad itu. Rektor Untad menyampaikan jika sesuatu bisa dilakukan secara sederhana, dan dikerjakan tanpa menghabiskan anggaran yang besar, serta tanpa unsur-unsur politis yang justru dapat memecah nilai kekeluargaan, dirinya mengapresiasi teladan yang telah ditunjukkan oleh para tokoh mahasiswa itu.

“Suksesi sudah saatnya menjadi ajang untuk saling menguatkan persaudaraan, ajang untuk saling merangkul. Sudah bukan saatnya menjadikan suatu suksesi sebagai ajang perpecahan. Teladan yang dicontohkan oleh anak-anak kita di pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Untad itu justru memiliki nilai yang dapat semakin merekatkan rasa persaudaraan dan persatuan,” singkat Rektor. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: