Bupati DAS : Jembatan Tentena Akan Dibangun Kembali

foto Jembatan yang membentang diatas danau Poso di Tentena (dok NP.com), Inzert Foto Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu (dok posokab. go.id), Ahmad Kalla (dok I Care Indonesia).deadline-news.com
0

Bang Doel (deadline-news.com)-Palusulteng-Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menjawab deadline-news.com via sambungan whatsapp Kamis (28/11-2019) dari Jakarta mengatakan Jembatan Yondo Pamona Tentena yang membentang diatas danau Poso di Tentena akan dibangun kembali.

Menurutnya pembongkaran jembatan yang menghubungkan Kota Tentena dengan Desa Petiro Dongi itu sudah keropos bagian bawahnya, sehingga perlu direvitalisasi (Dibangun) Kembali dengan konsep kekinian (Milenial) dan tanpa menghilangkan ciri khasnya yakni 80 persen semuanya terbuat dari Kayu seperti semula.

“Pembongkaran dan pembangunan kembali Jembatan yang membentang diatas danau Poso di Tentena itu merupakan petunjuk Pemerintah Provinsi Sulteng yang disahuti Pemerintah Kabupaten Poso,”jelas Purnawirawan Kolonel Marinir TNI Angkatan Laut itu.

Ia menerangkan bahwa pembongkaran dan pembangunan jembatan Tentena menggunakan Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan Tanggung jawab Sosial Perusahaan (PT.Poso Energy).

PT.Poso Energy adalah pengelola manajemen Pembangkit Listri tenaga Air (PLTA) Sulewana di Poso Sulawesi Tengah.

Sebelumnya telah diberitakan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama Ahmad Kalla dilaporkan ke Polisi atas pembongkaran jembatan Tentena dan pengerukan danau Poso di Tentena.

Kemudian pada hari Selasa (26/11-2019), sejumlah lembaga swadaya masyarakat peduli lingkungan melakukan unjuk rasa di depan gedung DPRD Sulteng sebagai bentuk protes atas pembongkaran Yondo Pamona dan pengerukan danau Poso di Tentena.

Pengunjuk rasa itu kemudian diarahkan masuk ke gedung DPRD Sulteng dan beberapa perwakilan diundang oleh Komisi III DPRD Sulteng.

Dehadapan perwakilan pengunjuk rasa, anggota Komisi III DPRD Sulteng Sony Tandra mengaku akan membentuk pansus jika memang ada pelanggaran atas pembongkaran jembatan Yondo Pamona di Tentena itu.

“Jika memang ada pelanggaran atas pembongkaran, pembangunan jembatan Yondo Pamona dan pengerukan danau Poso itu kami akan membetuk pansus untuk melakukan investigasi dan menyelidikinya,”tegas politisi NasDem itu. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: