Bupati Bantaeng dan Gubernur Terima Penghargaan Pertanian

Foto Gubernur Sulsel Dr.Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si bersama Bupati Bantaeng Prof.Dr.Ir.HM.Nurdin Abdullah, M.Agr. foto dok Ist/deadline-news.com
0

Bantaeng-(deadline-news.com) – Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali meraih penghargaan bidang pertanian. Kali ini Gubernur Dr Syahrul Yasin Limpo, MH, MSi dan Bupati Bantaeng, Dr HM Nurdin Abdullah, M.Aqr yang memperoleh penghargaan dari Badan Litbang Pertanian Indonesia.

Penghargaan diberikan atas inovasi mengembangkan pertanian di daerah ini, kata Kepala Bagian Humas Pemda Kabupaten Bantaeng, Joni Tambing, S.Sos di Bantaeng, Kamis.

Dia mengatakan, penghargaan yang diraih dalam bidang pertanian memiliki arti tersendiri bagi kabupaten berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar ini.

Sejak dipimpin Dr Nurdin Abdullah, Kabupaten Bantaeng mengembangkan sistem penanaman padi yang dikenal dengan nama Legowo-21. Sistem penanaman ini berhasil mendongkrak produksi dari rata-rata empat ton/Ha menjadi 8-10 ton/Ha.

Bupati juga mengembangkan tanaman bernilai ekonomi tinggi seperti apel dan strawberry di Bontolojong, Kecamatan Ulu Ere. Desa yang akan dijadikan pecontohan Desa Mandiri itu juga sedang menggalakkan penanaman tanaman hias.

Pengembangan komoditi tersebut, selain dimaksudkan untuk memenuhi permintaan lokal, juga memenuhi pasar ekspor. Tanaman hias, jelas Joni, kini memiliki permintaan pasar dari Korea.

Untuk menunjang penanaman tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Ir Lies F Nurdin dan jajarannya telah melakukan sosialisasi dan praktek pengembangan tanaman yang banyak disukai wanita itu.

Diharapkan, bila tanaman hias berproduksi, akan mengembalikan citra Kampung Loka di Kecamatan Ulu Ere sebagai Kota Bunga. (dikutip di Antara.com-6/8-2009). ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: