Bengkalai Terminal Tambuli Menemui Titik Terang

0

 

Nelwan (deadline-news.com)-Sigi Sulteng- Titik terang perencanaan proyek rehabilitasi pembangunan infrastruktur, bangun fisik terminal Tambuli di Jalan Lando Sigi Biromaru Pasca bencana gempa, tsunami dan likuifaksi sekitar tiga tahun yang silam terbengkalai.

Namun saat ini sudah menemui titik terang setelah ditetapkan dan dianggarakan mulai 2022 tahun ini hingga batas waktu 2023 mendatang.

Dalam hal ini tehknis kajian dampak lingkungan pasca bencana pihak Dinas perhubungan kabupaten Sigi telah menggodok anggaran untuk implentasi dan revitalisasi bakal pembangunan terminal Tembuli Sigi itu.

“Tujuan utama membangun infrastruktur agar memudahkan pendistribusian bea dan cukai sarana lalulintas dikawasan Sigi Biromaru,”terang Kepala Dinas (DISHUB) Dodot Tinarso S.Sos.MT menjawab deadline-news.com di ruang kerjanya Rabu (12/1-2022).

Prospek pertimbangan Rt/Rw sangat mendasar sebab zonis atau lokasi pembangunan masih mengacuh pada lokasi semula imbuh Dodot Tinarso.

Selain itu Kepala Bidang (KABID) angkutan lalulintas angkutan jalan Fredy, SH menbahkan, acuan untuk penganggaran rehabilitasi secara tehknis optimalisasi disetiap item lebih terstruktur dalam perencnaan pekekerjaan harus sesuai progres.

Katanya lagi pasca bencana atau tragedi yang menimpa Palu, Sigi dan Donggala (PASIGALA) banyak menyisahkan luka juga duka.

Tak ayal kerugian materi tak terelakan seperti gedung bangunan terminal Tambuli di jalan Lando Sigi Biromaru.

“Walau terbengkalai, namun masih terus dalam pengawasan pihak Dinas Perhubungan Sigi,”pungkas Ferdy.

Pantauan deadline-news.com (12/1-2022), terminal yang terletak di kecamatan Biromau itu masih terlihat beberapa bangunan dan gedung yang masih utuh atau layak pakai.

Yaitu, Gedung kantor administrasi, Mushalah, dan gedung loket distribusi pembayaran bea cukai dan beberapa gedung yang kondisinya rusak parah dan tidak layak pakai.

Selain itu baliho reklame yang menpel di dinding ornamen luar loket terminal juga masih baik yang bertuliskan UPTD Pengololaan Sarana Dan Prasarana Perhubungan (Pengujian Kenderaan Bermotor) suaka dari Dinas Perhubungan (DISHUB) kabupaten Sigi.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: