Belasan Rumah di Malanggong Terendam Banjir

foto salah satu rumah warga Desa Malanggong Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan terendam Banjir. FOTO : IST Basir/deadline-news.com
0

IK Basir (deadline-news.com)-Banggaisultim – Hujan deras yang terus mengguyur di wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) mulai berdampak. Belasan rumah warga di Desa Malanggong Kecamatan Buko Kabupaten Bangkep terendam air dengan ketinggian mencapai 1 meter Rabu (30/5-2018).

Kendati demikian warga di tiga dusun itu belum dievakuasi, warga masih menunggu air yang menggenangi rumah mereka surut dengan sendirinya.

Menurut Rahman warga Kecamatan Buko kepada media ini, banjir yang melanda di Desa Malanggong itu diakibatkan oleh hujan deras yang terus mengguyur.

Akibatnya secara ketinggian air secara perlahan mulai naik hingga mencapai pinggang orang dewasa. Hanya saja belum ada warga yang mengungsi ketempat lainnya karena tercatat hanya ada 11 rumah warga di tiga dusun yang terendam banjir.

Ditambahkan Rahman, untuk dusun satu ada dua rumah warga, di dusun dua sebanyak enam rumah dan dusun tiga ada tiga rumah yang terendam banjir. Sampai saat ini tercatat belum ada korban jiwa hanya saja diperkirakan kerugian materil mencapai jutaan rupiah.

“Data yang saya peroleh di wilayah Desa Malanggong itu ada sebelas rumah warga dari tiga dusun yang kebanjiran, belum ada korban jiwa tapi kerugian materil jutaan rupiah,” ungkapnya.

Dilaporkan juga sampai saat ini kondisi banjir belum surut, bahkan ketinggian air cenderung bertambah karena hujan masih terus mengguyur wilayah Kecamatan Buko. Warga rencananya akan diungsikan apabila ketinggian air sudah melewati ketinggian orang dewasa dan mengancam keselamatan nyawa.

“Untuk penyebab banjir selain pasanng air laut juga luapan sungai yang ada di desa itu, kalau saya lihat justru ketinggian air masih akan bertambah karena hujang masih terus mengguyur ini,” tambah pria berambut gondrong ini.

Dijelaskan juga oleh Rahman, wilayah Desa Malanggong merupakan wilayah rawan banjir, bahkan hampir setiap tahunnya tiga dusun di desa itu khususnya di musim penghujan akan terkena banjir. Guna mengantisipasi terjadinya banjir serupa dimasa mendatang, sebaiknya dilakukan normalisasi sungai dan dibangunkan tanggul penahan air. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: