Bawaslu : Sedikitpun Tidak Ada Perbedaan dari Awal

0

 

Syamsul Bahri M Kasim (deadline-news.com)-Tounasulteng-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una Una, menegaskan hasil keseluruhan dari pengawasan sudah sesuai dengan hasil perolehan suara.

Menurutnya sedikit pun tidak ada perbedaan dari awal sampai akhir. Hal itu berdasarkan hasil pengawasan rekapitulasi perhitungan suara yang diselenggarakan oleh komisi pemilihan umum (KPU) Touna.

Hal ini ditegaskan Ketua Bawaslu Touna Abas kepada wartawan di Touna Rabu (16/12-2020).

Tapi kata Abas hanya ada berbeda sedikit yaitu salah penulisan DPT, kemudian salah kolom, surat suara yang keliru yang dikembalikan atau surat suara yang di coblos itu salah dalam penempatan, sehinggah mempengaruhi untuk tidak konek dalam penjumlahan.

“Pada hari pertama memang sempat kami merekomendasikan pembukaan kotak, khusus kepada kecamatan Walea Besar terkait dengan transparansi terhadap pemilih yang menggunakan KTP, dan surat keterangan segenap saksi untuk menyaksikan langsung, bahwa memang benar adanya dengan jumlah yang di anggap begitu banyak,”jelasnya usai memantau rekapitulasi suara pilkada serentak.

Abas menegaskan terakhir setelah di perlihatkan melalui pembukaan kotak memang faktanya sudah seperti itu, kemudian lanjut malam hari ada lagi pembukaan satu kotak di atas permintaan saksi.

“Saya juga memberikan rekomendasi untuk transparansi juga melihat pemilih yang menggunakan KTP dan suket untuk 1 TPS di kecamatan Walea Besar, yaitu desa Biga, kemudian pada hari yang kedua kemarin juga berjalan lancar,” ungkapnya.

Kemudian hari yang terakhir satu juga pembukaan kotak yang direkomendasikan oleh Bawaslu yang berada di TPS desa Pusungi dan juga hal yang sama terkait untuk transpalansi yang menggunakan KTO dan suket.(dikutip di Metrosulteng.com).***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: